Home » Berita » Pendampingan Tata Kelola PPPPTK Matematika oleh Itjen Kemdikbud

View My Stats

Pendampingan Tata Kelola PPPPTK Matematika oleh Itjen Kemdikbud

Sobat WBK,

Pada tanggal 10 s.d. 15 April 2019 yang lalu, PPPPTK Matematika berkesempatan mendapatkan pendampingan tata kelola yang dilakukan oleh Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud. Temu awal dilaksanakan di Ruang Gamma PPPPTK Matematika. Tim Inspektorat Jenderal memaparkan secara singkat tentang  perencanaan dan penganggaran,  tata laksana dan SDM, pelayanan publik,  sarana prasarana, dan  optimalisasi peran SPI dalam penguatan pengawasan internal. Setelah temu awal, Tim Itjen melakukan pendampingan dan audit pada tiap tim/seksi/subbag yang ada di PPPPTK Matematika. Pada kesempatan tersebut, PPPPTK Matematika difasilitasi oleh Tim Itjen Kemdikbud untuk melakukan konsultasi dan diskusi mengenai tata kelola lembaga di PPPPTK Matematika, termasuk di dalamnya pelaksanaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Temu awal pendampingan tata kelola PPPPTK Matematika oleh Tim Itjen Kemdikbud

Temu akhir dilaksanakan pada tanggal 15 April 2019 di Ruang Sidang Widyaiswara dengan diikuti oleh manajemen, tim-tim di PPPPTK Matematika serta staf pelaksana di masing-masing seksi subbag PPPPTK Matematika. Tim Inspektorat Jenderal menjelaskan hasil pendampingan dan audit yang telah dilakukan. Syarat tata kelola yang baik adalah adanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan lembaga dan partisipasi seluruh pegawai dalam mencapai kinerja lembaga. Tim Itjen juga menjelaskan tentang daya dukung yang ada di PPPPTK Matematika, pengelolaan SDM dan pengelolaan aset BMN. Dalam hal penguatan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti yakni:

1. Sinkronisasi antara perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan program untuk mencapai kinerja lembaga sekaligus menyelaraskan dengan eselon 1.

2. Sistem pengembangan karir, reward and punishment diperlukan untuk mendukung pendayagunaan SDM.

3. Dokumen penguatan akuntabilitas perlu disajikan lebih lengkap. Pencapaian realisasi anggaran mengacu pada aturan yang berlaku.

4. Penguatan peran SPI perlu lebih dioptimalkan, demikian pula dengan Whistle-blowing System dan penanganan benturan kepentingan.

penjelasan dan diskusi hasil pendampingan tata kelola

Ayo sobat WBK, sama-sama kita dukung PPPPTK Matematika agar meraih ZI-WBK. Ikuti terus perkembangan ZI-WBK di PPPPTK Matematika melalui laman ini.


2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.