Home » ONIP 2019 » Kelengkapan produk dan tata cara pendaftaran

Kelengkapan produk dan tata cara pendaftaran

Pendaftaran produk inovasi  dilakukan dengan mengisi Form Online Pendaftaran ONIP 2019 serta mengirimkan kelengkapan produk. Kelengkapan produk inovasi terdiri dari:

  1. Gambaran Singkat Produk
  2. Laporan Pengembangan Produk
  3. File hasil scan surat pernyataan keaslian karya inovasi serta pernyataan belum pernah menang dalam suatu kompetisi (format terlampir)
  4. File hasil scan pengesahan dan ijin Kepala Sekolah
    (format terlampir)
  5. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan produk dan simulasi penggunaan produk inovasi yang didaftarkan
  6. RPP dengan menggunakan produk inovasi tersebut

Produk inovasi dan kelengkapannya dikirimkan kepada panitia seleksi dengan cara diunggah di cloud milik peserta, dan peserta membagikannya tautan/link-nya kepada panitia seleksi melalui informasi di file “Gambaran Singkat Produk”.

Gambaran singkat produk paling tidak berisi: 1) deskripsi singkat produk dan kategori produk, 2) alamat url/cloud tempat produk bisa diakses/diunduh. Jika produk berupa e-learning, maka harus diinformasikan cara login (username dan password) terhadap peran-peran di e-learning tersebut (misalnya login sebagai guru dan login sebagai siswa). Agar penilai bisa mencoba menggunakan e-learning tersebut. Jika produk berupa aplikasi, maka disertakan alamat di mana aplikasi bisa diunduh.

Laporan pengembangan produk ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah yang lazim. Laporan pengembangan produk paling tidak harus berisi: 1) latar belakang keilmuan (matematika dan pendidikan matematika) yang mendasari pengembangan produk, 2) Informasi prosedur ilmiah pengembangan produk. Misalnya jika dikembangkan dengan penelitian pengembangan (R&D) maka bisa menggunakan ADDIE, 4D, R2D2, Model Kemp dan sejenisnya.

Produk beserta 6 kelengkapan di atas harus ditempatkan di cloud dan diinformasikan di Gambaran Singkat Produk agar mudah diunduh/diakses. Kelengkapan di atas juga harus diunggah di form pendaftaran online.