PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN SENAM TRANSFORMASI DAN TETRIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

  • Muhammad Abror SMPN 1 UNTER IWES
Keywords: pembelajaran berbasis proyek, senam transformasi, tetris GeoGebra, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang penting dalam matematika untuk menghadapi tuntutan abad ke-21. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan Senam Transformasi dan Tetris GeoGebra. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk uraian, terdiri atas tes awal dan tes akhir yang mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meliputi kemampuan kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Selanjutnya dilakukan analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji t-tes dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Dari penelitian, didapat hasil bahwa ada peningkatan nilai yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, baik pada kelas dengan Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan Senam Transformasi maupun pada kelas dengan Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan Tetris GeoGebra. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata tes akhir pada kedua kelas tersebut. Dengan demikian, kedua tugas proyek yang dipakai dalam Pembelajaran Berbasis Proyek ini dapat digunakan dalam pembelajaran materi Transformasi.

Published
2019-12-07
How to Cite
Abror, M. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN SENAM TRANSFORMASI DAN TETRIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 657-666. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/99
Section
Articles