PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

  • Hafsah Adha Diana SMP Muhammadiyah 28 Bekasi
Keywords: koneksi matematis, PBL, pembelajaran langsung, kemampuan awal

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh model PBL dan pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA Negeri di Bekasi Utara. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model PBL, sedangkan kelas kontrol berupa model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Kota Bekasi kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan koneksi matematis dan tes kemampuan awal matematika. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Analisis data dilakukan dengan uji Anava dua jalur dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat pembelajaran model PBL lebih baik dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran model pembelajaran langsung. (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (3) kemampuan koneksi matematis siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang mendapat perlakuan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran langsung.

Published
2019-12-07
How to Cite
Diana, H. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 647-656. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/98
Section
Articles