PENGEMBANGAN CATUR SPLDV UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

  • Arie Wibowo SMP Negeri 5 Batu Ampar
Keywords: alat peraga, catur SPLDV, SPLDV

Abstract

Matematika bertujuan agar siswa dapat menyelesaikan masalah yang akan dihadapinya di masa datang. Hal ini dapat terhambat jika siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan dialami siswa pada materi SPLDV, yaitu kesulitan dalam menjalankan prosedur dalam menentukan penyelesaian SPLDV. Dalam pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga untuk mengatasi kesulitan siswa. Alat peraga dapat menjadi alternatif solusi untuk menentukan penyelesaian SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat peraga yang dapat membantu siswa untuk menentukan penyelesaian SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D. Untuk menghasilkan alat peraga yang baik dilakukan uji valid, uji praktis, dan uji efektif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji valid, angket uji praktis, dan lembar tes awal-akhir. Pada penelitian ini dihasilkan alat peraga yang bernama catur SPLDV. Hasil uji valid alat peraga ialah 3,59 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktis catur SPLDV ialah 86,67% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektif ialah 0,73 dengan kriteria tinggi yang dianalisis menggunakan normalized-gain (n-gain) tes awal-akhir. Catur SPLDV digunakan untuk membantu siswa untuk menentukan penyelesaian SPLDV menggunakan konsep koordinat kartesius dan pola bilangan. Penggunaannya ialah dengan cara dimainkan dan sedikit memuat unsur aljabar menjadikan siswa lebih mudah dalam menentukan penyelesaian SPLDV.

Published
2019-12-07
How to Cite
Wibowo, A. (2019). PENGEMBANGAN CATUR SPLDV UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 704-714. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/91
Section
Articles