PERBEDAAN SELF CONFIDENCE SISWA ANTARA CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER

  • Ahmad Isnaini SMA Dr Wahidin Sudirohusodo
  • Edy Surya
Keywords: creative problem solving, discovery learning, self confidence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan self confidence siswa antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran creative problem solving dan model pembelajaran discovery learning jika ditinjau dari gender. Analisis data hasil penelitian menggunakan Anava dua jalur dengan jumlah sel yang tidak sama untuk melihat pengaruh gender dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa. Setelah ditemukan pengaruh gender dan model pembelajaran, dilakukan uji lanjut pasca Anava menggunakan metode Scheffe’. Hasil yang diperoleh antara lain sebagai berikut: Terdapat pengaruh gender terhadap self confidence siswa, terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap self confidence siswa, tidak terdapat interaksi antara gender dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dan dengan uji lanjut pasca Anava dengan metode Scheffe’, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan self confidence antara model creative problem solving dengan model discovery learning. Siswa perempuan memiliki self confidence yang lebih baik dari siswa lelaki dan model pembelajaran creative problem solving memberikan hasil self confidence yang lebih baik dari pada model discovery learning.

Published
2019-12-07
How to Cite
Isnaini, A., & Surya, E. (2019). PERBEDAAN SELF CONFIDENCE SISWA ANTARA CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 640-646. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/87
Section
Articles