METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL UJI COBA UJIAN NASIONAL DI SMK NEGERI 1 TANJUNGPANDAN

  • Yuli Yulianti SMKN 1 Tanjungpandan
Keywords: ujian nasional, metode tutor sebaya, aplikasi Whatsapp Messenger

Abstract

Ujian Nasional adalah salah satu penilaian hasil belajar oleh Pemerintah  yang tercantum Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018. Masalah yang dibahas dalam karya ilmiah ini adalah rendahnya persentase siswa yang mencapai SKL 55 pada uji coba Ujian Nasional mata pelajaran Matematika. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan metode pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan aplikasi Whatsapp Messenger dimana subjeknya adalah siswa kelas 12 AP SMK Negeri 1 Tanjungpandan tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Pembelajaran tutor sebaya berbantuan aplikasi Whatsapp Messenger ini dilaksanakan baik di dalam ataupun di luar kelas dengan membentuk grup Whatsapp kelompok kecil dan grup Whatsapp kelas. Setiap grup kecil beranggotakan 6 orang yang di dalamya terdapat 1-2 orang tutor sebaya. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan, hasil uji coba ujian nasional Matematika kelas 12 AP meningkat setelah digunakan pembelajaran dengan  metode tutor sebaya berbantuan aplikasi Whatsapp Messenger, total peningkatan yang terjadi adalah sebesar 50%. Hal ini terlihat dari selisih hasil perhitungan persentase uji coba pertama dan uji coba ketiga dari 10 % menjadi 60%, sedangkan  rata-rata nilainya meningkat dari 34,96 menjadi 60,22 sebesar 25,26 poin.

Published
2019-12-07
How to Cite
Yulianti, Y. (2019). METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL UJI COBA UJIAN NASIONAL DI SMK NEGERI 1 TANJUNGPANDAN. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 691-703. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/57
Section
Articles