MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ANDROID

  • Ani Amimah SMP N 12, Kota Semarang
Keywords: keaktifan, hasil belajar matematika, pembelajaran model Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi himpunan melalui model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Semarang semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Proses penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan/pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa catatan lembar observasi, hasil tes, dan hasil penugasan. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian berupa dokumen daftar nilai, dokumen catatan jurnal pembelajaran, lembar observasi. Validasi data dilakukan dengan melibatkan observer teman sejawat yang dikenal dengan berkolaborasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan data pra siklus dengan data siklus pertama dan data diklus kedua dilanjutkan analisis kritis dengan melakukan refleksi. Sebelum penelitian nilai rata-rata pengetahuan kelas VII B pada materi himpunan adalah 55 sedangkan nilai rata-rata pada keterampilan adalah 56. Setelah pembelajaran menggunakan model Jigsaw rata-rata kelas pada pengetahuan meningkat menjadi 65,6 pada siklus I dan 81,3 pada siklus II sedangkan pada ketrampilan meningkat menjadi 71,9 pada siklus I dan 83,6 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa kelasVII B. Selain itu aktivitas siswa semakin optimal dan respon siswa dalam kegiatan pembelajaran sangat positif.

Published
2019-12-07
How to Cite
Amimah, A. (2019). MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ANDROID. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 630-639. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/33
Section
Articles