PENGGUNAAN MEDIA DAMAS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD NEGERI SEN ASEN 1

  • Ardiyansah Yuliniar Firdaus SD Negeri Sen Asen 1
Keywords: damas, karakter, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang bertujuan untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media damas dalam pelajaran Matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Sen Asen 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media damas dapat meningkatkan: 1) karakter siswa yang ditandai oleh peningkatan pada siklus I dengan persentase 64,2% (kriteria baik) meningkat menjadi 82,5% (kriteria sangat baik) pada siklus II; 2) hasil belajar siswa yang ditandai oleh peningkatan secara klasikal pada siklus I dengan persentase 65% (13 siswa) meningkat menjadi 95% (19 siswa) pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media damas dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa.

Published
2019-12-07
How to Cite
Firdaus, A. (2019). PENGGUNAAN MEDIA DAMAS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD NEGERI SEN ASEN 1. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 715-724. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/105
Section
Articles