PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD

  • Nila Sari Latif SMPN 9 Marusu
Keywords: hasil belajar matematika, discovery learning, LKPD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII A UPTD Satuan Pendidikan SMPN 9 Marusu melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A UPTD Satuan Pendidikan SMPN 9 Marusu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik yang dilakukan tiap akhir siklus, observasi, refleksi, dokumentasi dan tanggapan peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD yaitu: (1) pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika peserta didik sebesar 61,92 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,38, standar deviasi pada siklus I 12,66 menjadi 9,48 pada siklus II dari skor ideal 100, (2) Terjadinya peningkatan frekuensi aktivitas peserta didik dan sikap peserta didik. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII A UPTD Satuan Pendidikan SMPN 9 Marusu melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD.

Published
2019-12-07
How to Cite
Latif, N. S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(2), 667-676. Retrieved from http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/view/100
Section
Articles