Home » BERITA » BBGP DIY Laksanakan Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 6

Archives

Categories

BBGP DIY Laksanakan Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 6

Yogyakarta – Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) secara daring, Sabtu (3/9/2022). Lokakarya diikuti oleh 38 Pengawas Sekolah, 16 Pengajar Praktik (PP), dan 112 Calon Guru Penggerak (CGP) beserta Kepala Sekolah masing-masing. Seluruh peserta berasal dari Kab. Gunungkidul.

Kepala BBGP DIY, Dr. Adi Wijaya, S.Pd., M.A., menyampaikan materi: Program PGP di Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 6, Sabtu (3/9/2022).

Lokakarya secara resmi dibuka oleh Kepala BBGP DIY, Dr. Adi Wijaya, S.Pd., M.A., dan sekaligus menyampaikan materi mengenai program PGP. Pada kesempatan tersebut, Adi Wijaya menyampaikan bahwa Calon Guru Penggerak (CGP) dalam program ini akan digembleng dan dibekali dengan berbagai hal dalam rangka untuk menyiapkan menjadi calon pemimpin pendidikan di masa depan.

” Pada program pelatihan di PGP ini nantinya guru mengedepankan coaching dan on the job training untuk memastikan teori yang didapat selama mengikuti program PGP ini bisa diterapkan atau ditransformasikan di dalam pembelajaran di kelas dan tentunya diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas belajar,” kata Adi.

Tujuan pelaksanaan lokakarya ini menurut Penanggung Jawab PGP sekaligus Koordinator Sub Pokja Implementasi dan Fasilitasi PGP, Yuliawanto, M.Si., yaitu agar CGP mengenal ekosistem belajar di program Guru Penggerak, memahami program pendidikan Guru Penggerak, mengidentifikasi posisi diri pada kompetensi Guru Penggerak, dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, serta memahami pentingnya membuat portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi.

Tangkapan layar peserta Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 6, Sabtu (3/9/2022).

Selanjutnya pada lokakarya tersebut juga mengundang Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kab. Gunungkidul, Nunuk Setyowati, S.Pd., M.M., dan Kepala Balai Pendidikan Menengah (Baldikmen) Kab. Gunungkidul, Dwi Agus Muchdiharto, S.H., M.A., sebagai narasumber yang memaparkan Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota yang mendukung pelaksanaan program PGP tersebut.

Dwi Agus dalam paparannya menyatakan agar CGP bisa menjadi peran utama dalam menggerakkan komunitas di wilayah masing-masing sekaligus menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah. Selain itu CGP diharapkan mampu membuka ruang diskusi positif antara guru dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas belajar.

”Hari ini kita mengikuti Lokakarya Orientasi sehingga bisa memberi dan menerima masukan dari berbagai narasumber yang mengikuti kegiatan ini. Baldikmen terus mendukung peserta agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa meninggalkan tugas wajibnya. Selain itu juga Baldikmen saat ini mengusahakan dana sharing dari APDB dalam pelaksanaan kegiatan guru penggerak,” ujarnya.

Senada dengan pernyataan tersebut diatas, Kepala Dindikpora Kab. Gunungkidul, Nunuk mengatakan Dinas Pendidikan terus mendorong guru di Kab. Gunungkidul agar mengikuti program PGP dengan baik dan berharap 112 CGP yang mengikuti program ini dapat lulus semua.

Pelaksanaan Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 6 yang berlangsung selama 1 hari ini terbagi dalam 3 sesi besar, yaitu sesi umum secara pleno, sesi bersama KS, PS/Perwakilan DInas, dan sesi khusus CGP. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *