Home » BERITA » Kunjungan Kerja BBGP DIY ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul dan SD Muhammadiyah Mertosanan, Kab. Bantul.

Archives

Categories

Kunjungan Kerja BBGP DIY ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul dan SD Muhammadiyah Mertosanan, Kab. Bantul.

Kunjungan Kerja BBGP DIY ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, Senin (18/7/2022)

Plt. Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi D.I Yogyakarta, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dinas Dikpora) Kabupaten Bantul dan SD Muhammadiyah Mertosanan, Kab. Bantul, Senin (18/7/2022).

Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menjalin kolaborasi dan kerjasama antara BBGP DIY dengan Dinas Dikpora Kab. Bantul dalam rangka mendukung terlaksananya program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Selain kedatangan kami untuk menjalin silaturahmi, terkait dengan adanya transformasi kelembagaan kami tentunya butuh pengenalan dan koordinasi yang lebih intens dengan para pemangku kepentingan di Provinsi DIY,”demikian disampaikan oleh Rachmadi di awal pertemuan tersebut.

Ditambahkan lebih lanjut oleh Rachmadi bahwa program prioritas Kemdikbudristek yaitu Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak, dan Implementasi Kurikulum Merdeka sangat membutuhkan dukungan dari Dinas Dikpora Kab. Bantul.

Kepala Dinas Dikpora Kab. Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par., menyambut baik dan menyatakan dukungan dan komitmennya terhadap seluruh kebijakan dari Kemdikbudristek untuk ditindaklanjuti dan diimplementasikan.

Terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Isdarmoko menyatakan bahwa Dinas Dikpora Kab. Bantul sudah membedah kurikulum merdeka dengan mengundang semua unsur yang berkepentingan agar segera mengimplementasikan kurikulum merdeka, dan pada tanggal 11 Juli 2022 telah dilakukan launching Kurikulum Merdeka secara mandiri untuk Kab. Bantul.

Kunjungan Kerja BBGP DIY ke SD Muhammadiyah Mertosanan, Kab. Bantul, Senin (18/7/2022)

Usai melakukan kunjungan kerja di Dinas Dikpora Kab. Bantul, Tim BBGP DIY melanjutkan kunjungan kerja ke SD Muhammadiyah Mertosanan, Kab. Bantul untuk melihat praktik Implementasi Kurikulum Merdeka. Kepada Tim BBGP DIY, Kepala Sekolah, Ana Rahmatullah, M.Pd., menjelaskan bahwa sekolahnya telah menerapkan Kurikulum Merdeka dan guru-guru telah memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dengan antusias.

Pada kesempatan tersebut itu juga Ana menyampaikan masukan kepada Tim BBGP DIY agar diberi pembekalan lebih lanjut mengenai asesmen atau  tentang bagaimana praktik langsung dalam penentuan asesmen/penilaian.

Secara umum berdasarkan pengamatan langsung di sekolah oleh Tim BBGP DIP, Implementasi Kurikulum Mengajar sudah terlihat berjalan dengan baik dan berpihak kepada siswa, salah satu contohnya adalah dengan adanya apresiasi yang diberikan kepada sekitar 420 siswa sesuai dengan prestasi dan bakat masing-masing. (RK)