Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Latih Guru Matematika untuk Tingkatkan Pemahaman tentang PISA

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Latih Guru Matematika untuk Tingkatkan Pemahaman tentang PISA

Yogyakarta – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menyelenggarakan Pelatihan Guru Sekolah Sampel PISA (Programme for International Student Assessment) tanggal 1 s.d 6 November 2021 yang terbagi menjadi empat Region, yaitu: DKI Jakarta, Bangka Belitung, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan untuk DIY akan dilaksanakan dalam dua tahap.

Pelaksanaan Pelatihan Guru Sampel PISA Region DIY Tahap 1, tanggal 1 November 2021 di PPPPTK Matematika.
Plt. Kepala PPPPTK Matematika, Hari Suryanto, S.IP.M.PA., menyampaikan materi mengenai Kebijakan Kemdikbud dalam Peningkatan Kompetensi Guru dan Pencapaian PISA kepada peserta Pelatihan Guru Sampel PISA Region Bali di Swiss-Belhotel Rainforest Kuta Bali, 1 November 2021.

Pembukaan Pelatihan Guru Sekolah Sampel PISA Region Bangka Belitung, tanggal 1 November 2021 di Swiss-Belhotel Pangkal Pinang.

Pada pelatihan yang sedang berlangsung saat ini, ada 373 guru matematika jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK yang dilatih oleh PPPPTK Matematika. Sedangkan nantinya untuk tahap dua di DIY tanggal 9 s.d 14 November 2021, sebanyak 40 orang guru matematika dari jenjang SMA/MA/SMK yang akan dilatih.

Tujuan penyelenggaraaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang framework PISA domain matematika dikaitkan dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (KBTT) pada pembelajaran matematika. Melalui pelatihan ini pula peserta dilatih untuk terampil menyusun strategi/skenario/desain KBTT dalam pembelajaran berorientasi PISA dan terampil menyusun penilaian dalam pembelajaran matematika berorientasi PISA. Tidak hanya itu saja, peserta pelatihan nantinya mampu menerapkan KBTT dalam pembelajaran matematika berorientasi PISA di sekolahnya.(RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *