Home » HEADLINES » PRESS RELEASE : 2nd International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL)

Archives

Categories

PRESS RELEASE : 2nd International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL)

Plt. Kepala PPPPTK Matematika, Hari Suryanto, S.IP.M.PA., memberikan keterangan kepada rekan media mengenai kegiatan ISMaTeL, Senin (25/10/2021) di Ruang Sidang Gamma, PPPPTK Matematika.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menyelenggarakan 2nd International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL) dengan tema: Achieving Higher Mathematical Literacy: Sharing Ideas and Experiences”. Seminar dilaksanakan tanggal 26 s.d 28 Oktober 2021 di Grand Rohan Jogja, Jalan Janti No. 336, Gedongkuning, Yogyakarta, 55198.

Pemilihan tema seminar kedua kali ini dilatarbelakangi oleh penguasaan literasi matematika yang harus dimiliki siswa. Hal ini penting karena tidak hanya dalam membantu siswa untuk memecahkan masalah sehari-hari secara lebih efektif, tetapi juga diperlukan untuk mendukung literasi lainnya seperti literasi keuangan dan teknologi. 

Kemampuan literasi matematika siswa merupakan salah satu isu yang dikaji dalam skala internasional. Hasil kajian yang dilakukan oleh OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) melalui PISA (Programme for International Student Assessment) dan kajian oleh IEA (International Association for the Evaluation of Educational Achievement) melalui TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study) sangat mempengaruhi pembuatan kebijakan pendidikan matematika di berbagai negara, dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. 

Dapat dikatakan bahwa isu pencapaian literasi matematika tetap menjadi isu yang menarik untuk didiskusikan. Melalui ISMaTeL kedua 2021, isu tersebut diangkat untuk dibahas dan digali dalam berbagai perspektif seperti apa konsep literasi matematika, bagaimana kaitannya dengan pendidikan matematika, bagaimana negara lain mendorong peningkatan kemampuan literasi matematika, dan apa peran penilaian dalam meningkatkan prestasi dalam literasi matematika. Diharapkan melalui seminar ini dapat memberikan pencerahan kepada peserta mengenai hal-hal yang perlu dilakukan dalam pembelajaran matematika. 

Pada pelaksanaan ISMaTeL kedua ini, akan menghadirkan pembicara yang terdiri dari;

  1. Keynote Speaker: Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK): Iwan Syahril, Ph.D.

2. Invited Speaker:

  1. Prof. Andreas Schleicher dari Education and Skills Directorate OECD, Perancis. (Sub tema: From Teaching Mathematical Content Towards Enabling Students to Thinks Like A Mathematician).
  2. Dr. Rahmawati dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemdikbud Ristek (Sub tema: The Center of Assesment and Learning Ministry of Education, Culture, Reseacrh, and Technology Indonesia).
  3. Dicky Susanto, Ed.D. dari Calvin Institute Indonesia (Sub tema: Mathematics Learning for Literacy).
  4. Dr. Tan Liang Soon, Master Teacher Singapore dari  Academy of Singapore Teachers (Sub tema: Developing Mathematical Literacy: Perspectives from Singapore).
  5. Dr. Sumaryanta dari PPPPTK Matematika (Sub tema: Assesment for Improving Mathematics Literacy: Challenge and Current Trends in Indonesia).
  6. Dr. Sitti Maesuri Patahudin dari Canberra University, Australia (Sub tema: Austarlian Experience on National Assesment Program for Literacy and Numeracy).

3. Pemakalah (Sesi Pararel):

  1. Hardani, M.Pd. (UPTD SDN Tambegan Kab Bangkalan Prov. Jawa Timur). Judul makalah: Increasing Mathematical Literacy in Lower Grades through STEAM Learning Activities.
  2. Arie Wibowo, M.Pd. (UPTD SMPN 5 Batu Ampar Kab Tanah Laut Prov. Kalimantan Selatan). Judul Makalah: Using GeoGebra to Improve Student’s Mathematical Literacy Ability.
  3. Yenni Dian Anggraeni, M.Pd., MBA (SMAN 9 Kendari Prov. Sulawesi Tenggara). Judul Makalah: Learning Activity based Problem Solving as a Strategy to Improve Mathematical Literacy.
  4. Nora Margaret, S.Si., M.Pd. (SMKN 1 Padang Prov. Sumatera Barat). Judul Makalah: Improved Math Literacy oriented AKM and HOT’s Design Based on Own Interactive Webb Learning.
  5. Akbar, S.Pd.Gr. (SD Negeri Sasampean Tinangkung Selatan Kab Banggai Kepulauan Prov. Sulawesi Tengah). Judul Makalah: Enhancing the Result of Student learning in Thematic Learning with Picture and Picture Model at Fifth grade SD Negeri Sasampean, South Tinangkung District, Banggai Kepulauan.
  6. Aat Nurhayati, M.Pd. (SMPN 1 Jatinunggal Kab Sumedang Prov. Jawa Barat). Judul Makalah: Actualize Merdeka Belajar through Mathematics Learning with Higher Order Thinking Skills (HOTS).
  7. Nenden Chiarun Nisa S.Si, M.Pd. (SMPIT Assyifa Boarding School Kab Subang Prov. Jawa Barat. Judul Makalah: Analysis of Mathematical Literacy of Junior High School Students on Problem-Based Learning.
  8. Yulinar, M.Pd. (SMKN 9 Kota Padang Prov. Sumatera Barat.
    Judul Makalah: Application of Problem-based Learning Model Increases The Interest in Learning Mathematics in Class X TB 2 SMKN 9 Padang.

Peserta yang mengikuti ISMaTeL terdiri dari unsur Guru, Kepala Sekolah, Komunitas Guru, Widyaiswara, Dosen, Mahasiswa, Praktisi Pendidikan dengan total peserta sebanyak 686 orang, terdiri dari:

  1. Peserta Daring: 550 orang, terdiri dari Peserta Dalam Negeri sebanyak 496 orang dan Peserta Luar Negeri sebanyak 54 orang. (50 Philipina, 2 Cambodia, 1 Malaysia, 1 Brunei)
  2. Peserta Luring : 136 orang 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *