Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Laksanakan Lokakarya Ketiga PGP

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Laksanakan Lokakarya Ketiga PGP

Yogyakarta – Pelaksanaan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1 yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika saat ini telah memasuki tahap ketiga dari sembilan tahap yang direncanakan. Sabtu, (20/2/2021) telah dilaksanakan Lokakarya ketiga di 9 wilayah sasaran, yaitu: Kota Padang, Kota Palembang, Kab. Tulang Bawang Barat, Kab. Tanggamus, Kab. Kulon Progo, Kab. Banyumas, Kab. Cilacap, Kab. Temanggung, dan Kab. Brebes.

Pelaksanaan Lokakarya ketiga ini tidak hanya diikuti oleh Calon Guru Penggerak (CGP) sebagai peserta tetapi juga diikuti oleh Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah dari CGP yang bersangkutan dengan total peserta sebanyak 1086 peserta sesuai data rencana kegiatan.

Peserta Lokakarya ketiga di Hotel Dafam Cilacap sedang mengikuti salah satu sesi pembelajaran, Sabtu (20/2/2021).

Sebelum pelaksanaan Lokakarya ketiga ini, terlebih dahulu dilaksanakan penyamaan persepsi antara Pendamping CGP dengan Tim Monitoring dan Evaluasi dari PPPPTK Matematika. Penyamaan persepsi dilaksanakan Jumat (19/2/2021) dengan membahas teknis pelaksanaan kegiatan Lokakarya ketiga baik secara akademis maupun teknis non akademis lainnya.

Pendamping CGP dan Tim Monev PPPPTK Matematika sedang melaksanakan penyamaan persepsi di Hotel Santika Radial Palembang, Jumat (18/2/2021).

Program PGP yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan upaya mewujudkan guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Dengan kata lain, PGP berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar di sekitarnya dengan mewujudkan merdeka belajar peserta didik. Bentuk pelaksanaan program ini melalui pelatihan, pendampingan, dan lokakarya. (RK) 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *