Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Latih Penalaran Spasial Guru Matematika SMP

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Latih Penalaran Spasial Guru Matematika SMP

Yogyakarta – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika saat ini melatih 25 guru matematika jenjang SMP dalam Pelatihan E-Pensa (Penalaran Spasial). Pelatihan berlangsung mulai tanggal 9 s.d. 25 Februari 2021 secara daring penuh dengan menggunakan learning management system yang bisa diakses melalui alamat http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/ett/.

Peserta Pelatihan E-Pensa menyimak sambutan dan arahan dari Koordinator Pokja TIK Pembelajaran, Dr. Adi Wijaya, M.A, pada Acara Pembukaan, Selasa (9/2/2021).

Koordinator Pokja TIK Pembelajaran, Dr. Adi Wijaya, M.A., memberikan penjelasan pada saat acara pembukaan bahwa pelatihan spasial menjadi salah satu hal yang penting harus dikuasai oleh guru dan juga peserta didik. Perlu diketahui bahwa penalaran spasial merupakan salah satu indikator untuk keberhasilan sains dan matematika dasar sekaligus menjadi indikator dari gerakan menuju profesi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Atas dasar tersebut maka PPPPTK Matematika memandang perlu dilaksanakannya pelatihan ini.

Adanya keterbatasan kuota pelatihan yang dilaksanakan saat ini juga dikemukakan oleh Adi Wijaya sehingga peserta diharapkan setelah pelatihan akan mengimbaskan ilmu dan keterampilan yang diperoleh kepada teman sejawatnya. Selain itu juga diharapkan mengembangkan kemampuan spasial kepada peserta didik di sekolah masing-masing.

Selama mengikuti pelatihan ini peserta mendapatkan materi inti, yaitu Modul 1: Pengenalan Penalaran Spasial, dengan sub bahasan mengenai Apa dan Mengapa Penalaran Spasial dan Hubungan Penalaran Spasial dengan Matematika dan Kurikulum. Pada Modul 2: Pengembangan Aktivitas Penalaran Spasial, peserta akan melakukan Aktivitas Penalaran Spasial dan Merancang Aktivitas Penalaran Spasial. (RK)


1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *