Home » HEADLINES » Mendikbud Sampaikan Komitmen Perjuangkan Hak Guru pada Peringatan Hari Guru Nasional 2020

Recent Comments

Archives

Categories

Mendikbud Sampaikan Komitmen Perjuangkan Hak Guru pada Peringatan Hari Guru Nasional 2020

Yogyakarta – Peringatan Hari Guru Nasional, Rabu, 25 November 2020 berlangsung khidmat dan terbatas di tengah situasi pandemi Covid-19. Tidak seperti tahun- tahun sebelumnya, PPPPTK Matematika mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) secara luring melalui kanal sosial media resmi Kemdikbud. 

E:\DOWNLOADS\Flayer Hari Guru Nasional 2020_Rev 1.jpg

Menyimak pidato Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim, pada upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2020, Kemdikbud telah menyatakan komitmennya sejak awal untuk bersungguh-sungguh memperjuangkan hak para pendidik melalui kebijakan rekrutmen guru ASN, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru. Berbagai kebijakan dan program yang telah dibuat oleh Kemdikbud dalam masa pandemi ini, diantaranya yaitu:

  1. Bantuan kuota dan internet.
  2. Fleksibilitas penggunaan dana BOS.
  3. Pengalokasian BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk bantuan Covid-19.
  4. Bantuan Subsidi Upah untuk guru dan tenaga kependidikan Non-PNS.
  5. Kurikulum Darurat.
  6. Program Guru Belajar.
  7. Laman Guru Berbagi.
  8. Program Belajar dari Rumah TVRI.
  9. Seri Webinar Masa Pandemi.

“Semua kebijakan dan program Kemdikbud ini tidak lain dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan agar mampu melanjutkan pembelajaran untuk anak-anak Indonesia, “ ungkap Nadiem.

Selanjutnya, Nadiem juga mengatakan bahwa tahun 2021, Kemdikbud berkomitmen memperjuangkan guru-guru honorer melalui seleksi yang demokratis bagi guru-guru non-PNS menjadi guru ASN PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dengan kuota cukup besar sesuai kebutuhan masing-masing daerah. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *