Home » HEADLINES » Webinar Pembelajaran dengan Memanfaatkan TIK di Masa Pandemi

Archives

Categories

Webinar Pembelajaran dengan Memanfaatkan TIK di Masa Pandemi

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2020-07-24 at 2.43.55 PM.jpeg
Pemateri dalam Webinar ke-2 PPPPTK Matematika sedang menyampaikan materi bahasan mengenai pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, Jumat (24/7/2020).

Yogyakarta – Jumat (24/7/2020), Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) ke-2, dengan membahas topik mengenai pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di masa pandemi Covid-19.  Webinar yang berlangsung mulai pukul 13.30 – 15.00 WIB tercatat diikuti oleh 433 peserta terdiri dari guru SD, guru matematika SMP, SMA, SMK, dan Tenaga Kependidikan dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Bahasan pembelajaran dengan pemanfaatan TIK di masa pandemi Covid-19, menurut Plt. Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd., relevan karena situasi saat ini mendorong guru untuk menguasai TIK dalam pelaksanaan pembelajaran. 

“Guru perlu meningkatkan keterampilan penguasaan media pembelajaran dan melek terhadap teknologi karena pembelajaran akan menarik jika menggunakan teknologi informasi dengan adanya kemudahan-kemudahan dari teknologi tersebut. Pemanfaatan teknologi akan membantu dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.” Papar Sarjilah dalam paparannya sebagai keynote speaker pada Webinar tersebut.

Webinar ke-2 ini membahas 2 judul materi yaitu Optimalisasi Animasi Powerpoint dan Augmented Reality (AR) untuk Pembelajaran. Materi pertama disampaikan oleh widyaiswara PPPPTK Matematika, Joko Purnomo, M.T. Dalam materi ini dijelaskan perlunya animasi powerpoint dalam pembelajaran karena dengan animasi dapat membantu memperjelas suatu konsep dan lebih mudah menunjukkan materi yang sulit dibayangkan, selain itu juga untuk membuat pembelajaran lebih menarik.

Materi selanjutnya adalah mengenai Augmented Reality (AR) untuk Pembelajaran disampaikan oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), Anang Heni T., S.Sos., M.Sn. Pada bahasan materi ini peserta diberi pengenalan mengenai AR yang dapat dimanfaatkan di dalam media pembelajaran. Peserta juga diajak melakukan simulasi penggunaan AR dalam pembelajaran. (RK)

Materi Webinar ke-2 dalam diunduh pada link ini.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *