Home » HEADLINES » Gerakan AJarMat Bantu Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah

Archives

Categories

Gerakan AJarMat Bantu Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah

Yogyakarta – Mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, banyak sekolah di Indonesia digantikan dari kegiatan belajar mengajar metode tatap muka menjadi pembelajaran secara daring di rumah. Tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan bahwa seluruh pelajar di DIY tanggal 23 s.d. 31 Maret 2020 diputuskan untuk belajar secara daring di rumah.

Selama belajar di rumah umumnya anak-anak didampingi oleh orang tua dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dalam proses pendampingan belajar ini adakalanya orang tua merasa kesulitan membantu anaknya untuk memahami topik mata pelajaran tertentu. Curhatan kesulitan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah banyak beredar juga di media sosial. Mulai dari kesulitan mendisiplinkan anak untuk mau belajar, gaptek teknologi, hingga kesulitan membantu menyelesaikan soal-soal pelajaran.

Logo Gerakan AJarMat

PPPPTK Matematika saat ini telah memiliki program Gerakan Ayo Belajar Matematika (AJarMat) yang diluncurkan tanggal 7 November 2019 lalu oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Dr. Supriano, M.Ed. Gerakan AJarMat dibuat oleh PPPPTK Matematika dengan memberdayaan alumni yang disebut Kader AJarMat dalam mengawal dan membantu orang tua mendampingi anaknya belajar matematika. Saat ini Gerakan AJarMat baru ditujukan untuk jenjang SD.

Peran Kader AJarMat dalam gerakan AJarMat adalah memberikan wawasan kepada orang tua bagaimana cara mendampingi anak belajar matematika dengan cara-cara yang sederhana dan mudah dimengerti. Melalui cara ini diharapkan orang tua memiliki kepercayaan diri dalam mendampingi anak belajar matematika di rumah, dengan membuat suasana belajar matematika menjadi menyenangkan.

Gerakan AJarMat juga telah memiliki buku saku sebagai pegangan bagi orang tua. Sudah ada dua buku saku yang diterbitkan yaitu: Buku Saku Gerakan Ayo Belajar Matematika (AJarMat) Seri 1: “Matematika itu Tidak Sulit Koq…?!” dan Buku Saku Gerakan Ayo Belajar Matematika (AJarMat) Seri 2: “Mendampingi anak SD kelas awal belajar matematika”. Di dalam buku saku tersebut, orang tua diberi contoh-contoh sederhana pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dijadikan sarana dalam membantu anak memahami pelajaran dengan cara-cara yang menyenangkan.
Selain itu, PPPPTK Matematika juga membuka Klinik Pembelajaran Matematika daring di grup Facebook dengan nama Klinik AJarMat dan ke depan juga direncanakan untuk membuat klinik luring dengan nama Rumah Kader AJarMat di berbagai wilayah. Untuk mengetahui info lengkap tentang AJarMat masyarakat bisa mengaskses alamat http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/ajarmat/ . (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *