Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Dampingi Siswa SMPN 1 Turi Yogyakarta Belajar Matematika yang Menyenangkan

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Dampingi Siswa SMPN 1 Turi Yogyakarta Belajar Matematika yang Menyenangkan

Yogyakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud Daerah Istimewa Yogyakarta mendirikan posko program pendampingan di SMPN 1 Turi Yogyakarta untuk memberikan pendampingan psikologi dan sosial, serta pengalaman dan semangat baru bagi siswa atas terjadinya insiden susur sungai beberapa waktu lalu. Posko ini didirikan selama seminggu mulai tanggal 24 s.d. 29 Februari 2020 di SMPN 1 Turi Yogyakarta.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2020-02-25 at 1.41.43 PM.jpeg
Siswa kelas VII SMPN 1 Turi Yogyakarta mendengarkan dengan seksama penjelasan mengenai permainan matematika dari Widyaiswara PPPPTK Matematika.

PPPPTK Matematika sebagai salah satu UPT Kemdikbud DIY, ikut berpartisipasi dalam kegiatan pendampingan tersebut dengan memberikan aktivitas pembelajaran matematika yang menyenangkan. Selasa (25/2/2020), tim PPPPTK Matematika selama satu hari mengenalkan kepada siswa mengenai pembelajaran matematika yang menyenangkan melalui games matematika yang bersifat menghibur dan mengasah nalar siswa.

Tim PPPPTK Matematika memberikan layanan pendampingan terbagi ke dalam 8 kelas yaitu untuk siswa kelas VII dan VIII dengan masing-masing kelas terdiri dari 1 orang widyaiswara dan tim relawan dari Kementerian Sosial DIY. Selama pendampingan tersebut, siswa diajak untuk melakukan aktivitas dengan bermain menggunakan permainan matematika seperti tangram, menara hanoi, loncat katak, dan lain-lain.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2020-02-25 at 1.41.58 PM.jpeg
Siswa kelas VIII SMPN 1 Turi Yogyakarta tertawa gembira ketika mencoba menjawab tantangan teka-teki matematika.

Secara umum berdasarkan pengamatan selama aktivitas kegiatan tersebut, siswa mengikuti semua aktivitas dengan gembira dan antusias. Siswa kelas VIII, Amaliya Utami mengaku sangat menikmati kegiatan permainan matematika yang diikutinya. “Permainan matematika yang saya ikuti ternyata bermanfaat karena sekaligus saya bisa belajar matematika. Kegiatan ini juga membantu saya semangat lagi di sekolah,” ungkap Amaliya.

Siswa lain bernama Muhammad Surya Samudra bahkan meminta agar kegiatan serupa juga diadakan lagi karena menurutnya sangat menyenangkan dan menghibur. Surya mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan cara yang menyenangkan tetapi ada unsur belajarnya.

Setelah melakukan pendampingan, dilakukan evaluasi harian dari masing-masing Tim di setiap kelas untuk melaporkan pengamatan selama aktivitas di kelas. Secara umum, di hari kedua dilaporkan siswa merasa gembira dengan kegiatan di kelas melalui permainan matematika yang menghibur dan menyenangkan. Bagi siswa yang masih merasa perlu diberikan pendekatan dan pendampingan kemudian dijadikan catatan untuk segera ditindaklanjuti dengan penanganan yang tepat. (RK)


2 Comments

  1. Selamat siang !!!
    kapan RILIS daftar agenda kegiatan P4TKmatematika khusus tahun 2020
    agar kami guru, bisa berkunjung lagi ke P4tkmatematika dan mengikuti kegiatan p4tkmatematika

    terimakasih pak

    • Mohon maaf, untuk kegiatan/program di PPPPTK Matematika kami masih menunggu kebijakan dari GTK. Terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *