Home » HEADLINES » Mengenal Pemimpin PPPPTK Matematika dari Masa ke Masa

Archives

Categories

Mengenal Pemimpin PPPPTK Matematika dari Masa ke Masa

Yogyakarta – Sejak didirikannya Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika yang dahulu bernama Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika pada tahun 1980, dan mulai beroperasional secara resmi tanggal 13 November 1980, lembaga ini tercatat memiliki 9 orang Kepala sebagai pucuk pimpinan.

E:\DOWNLOADS\Kapus periode rev 1.jpg
Foto Kepala PPPPTK Matematika
  1. Drs. Hirdjan (1980-1985)

Menjabat sebagai Kepala PPPG Matematika pertama kali, Drs. Hirdjan memiliki latar belakang sebagai seorang guru SMA di Yogyakarta dan juga sebagai dosen pengajar di FMIPA IKIP Yogyakarta (sekarang UNY). Dalam lima tahun masa kepemimpinannya beliau mengembangkan beberapa program akademis diantaranya adalah Pemantapan Kerja Guru (PKG),  Penataran Guru Pengembang (Key Teachers) SD, Peningkatan Kemampuan Guru IPA, dan Lokakarya Guru SPG dan SMK. Selain itu juga melakukan pengembangan fasilitas fisik bangunan. 

  • Drs. Soemirat (1986-1992)

Kepemimpinan PPPG Matematika selanjutnya diteruskan oleh Drs. Soemirat. Sebelum menjabat sebagai Kepala, beliau menjabat sebagai salah satu Kepala Bidang di masa kepemimpinan Drs. Hirdjan. Dengan latar belakang pengalaman tersebut, Drs. Soemirat mampu menjalankan dan meneruskan program dengan baik dari kepemimpinan sebelumnya. Program akademis yang dijalankan pada masa kepemimpinan Drs. Soemirat diantaranya adalah: Penataran meliputi PKG dan Perintisan Diklat Berjenjang, Kompetisi Matematika IMO (International Mathematics Olympiad), dan Program IMEN (Indonesian Mathematics Educational Network). Disamping itu juga mengembangkan program non akademis lainnya.

  • Drs. Soeparto Danukusumo (1992-1994)

Drs. Soeparto Danukusumo memimpin PPPG Matematika selama dua tahun. Pada masa kepemimpinannya beliau meneruskan beberapa program yang telah dirintis oleh Kepala periode sebelumnya dan mengembangkan beberapa program baru seperti Penulisan Modul. Pada masa ini, Drs. Soeparto Danukusumo memberi perhatian khusus pada penataan naskah lembaga. Selain program akademis, beliau juga berkomitmen menjalankan program non akademis seperti kegiatan upacara bendera, upacara HUT PPPG Matematika, koperasi, dan darma wanita.

  1. Drs. Harsono (1994-1998)

Kepemimpinan selanjutnya diteruskan oleh Drs. Harsono selama empat tahun. Sama seperti kepemimpinan di periode sebelumnya, beliau juga meneruskan program yang telah dijalankan oleh pendahulunya dan melakukan beberapa pengembangan. Pada masa ini beliau memperhatikan peningkatan mutu SDM dengan mendukung para pegawai untuk melakukan penyesuaian maupun penyetaraan ijazah. Pada masa ini juga mulai dirintis diklat swadana bagi KKG dan MGMP serta mahasiswa pendidikan dari perguruan tinggi. Pada masa ini juga Buletin LIMAS diterbitkan pertama kali tahun 1995. 

  • Drs. Mashari Subagijono, M.Pd. (1998-2005)

Drs. Mashari Subagijono, M.Pd., memegang rekor kepemimpinan PPPG Matematika terlama selama 7 tahun dibandingkan seluruh Kepala yang pernah menjabat di PPPG Matematika hingga saat ini. Selain melanjutkan dan mengembangkan program akademis, pada masa kepemimpinan beliau melakukan pengembangan unit produksi dan fasilitas pendukung dengan membentuk beberapa unit layanan jasa pelatihan dan produksi alat peraga dan media pembelajaran matematika.

  • Drs. Kasman Sulyono, M.M. (2005-2009)

Pada masa kepemimpinan Drs. Kasman Sulyono, M.M., PPPG Matematika mengalami perubahan struktur organisasi dan berubah menjadi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika pada tahun 2007. Pada periode ini, selain meneruskan dan mengembangkan program akademis sebagai program lembaga, di tahun 2005 mulai merintis persiapan sertifikasi ISO dan pada tahun 2006 berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2000. Selanjutnya pada tahun 2009, PPPPTK Matematika melakukan penyesuaian standar ISO 9001:2008.

  • Herry Sukarman, M.Sc.Ed., (2009-2010)

Herry Sukarman, M.Sc.Ed., menjadi Kepala yang memimpin PPPPTK Matematika tersingkat diantara Kepala PPPPTK Matematika yang lainnnya. Beliau secara konsisten melanjutkan program lembaga yang telah dirintis oleh Kepala periode sebelumnya. Di bawah kepemimpinannya PPPPTK Matematika mempersiapkan diri untuk mencapai lembaga yang memiliki kinerja baik sehingga membuahkan hasil mendapatkan Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima Tahun 2010 dari Presiden Republik Indonesia. Beliau juga meninggalkan warisan berupa Lagu Mars PPPPTK Matematika yang dicipatakan langsung oleh beliau.

  • Prof. rer.nat. Widodo, M.S. (2011-2015)

PPPPTK Matematika selanjutnya dipimpin oleh Prof. rer.nat.Widodo., M.S., selama empat tahun. Di bawah kepemimpinan Prof. Widodo, PPPPTK Matematika mengembangkan tiga program akademis secara garis besar terdiri dari Pengembangan diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. Beberapa program unggulan dilahirkan di masa dan masih berlanjut hingga saat ini diantaranya SeNdiMat, ONIP, PKB Two in One (sekarang PIKIMAT), PRIMATika, dan Jurnal IDEAL MATHEDU. Untuk hal bersifat non akademis, Prof. Widodo tetap melanjutkan tradisi-tradisi baik yang sudah ada dan berjalan di PPPPTK Matematika.

  • Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. (2015-2020)

Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., adalah satu-satunya perempuan yang menjadi Kepala PPPPTK Matematika hingga saat ini. Sama seperti pendahulunya, beliau juga melanjutkan dan mengembangkan program akademis yang sudah ada dan juga pada masa ini lahir program unggulan baru dengan cakupan lebih luas lagi yaitu seminar bertaraf internasional yang dilaksanakan 2 tahun sekali, yaitu ISMaTeL. Di masa kepemimpinan beliau,  perkembangan kesenian juga mengalami kemajuan yaitu dengan berpartisipasinya PPPPTK Matematika dalam Festival Karnaval bertaraf Internasional di Jember Fashion Carnaval Tahun 2019 dan Jogja Fashion Carnaval 2019. Pada periode ini juga pembangunan sarana dan prasarana perkantoran juga menjadi salah satu prioritas.

Sembilan Kepala yang pernah memimpin lembaga ini dari awal bernama PPPG hingga menjadi PPPPTK Matematika telah memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan lembaga dan menjadi bagian dari sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh lembaga. Masing-masing Kepala memiliki kekhasan dalam memimpin dan memajukan lembaga ini menjadi lembaga yang besar dan memiliki manfaat bagi dunia pendidikan khususnya matematika. (RK)


2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *