Home » ARTIKEL » Umum » Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Archives

Categories

Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Yogyakarta – Suasana kerja yang tenang dan nyaman akan berdampak pada produktivitas pegawainya. Tidak perlu ruang kerja yang mewah untuk menciptakan suasana kerja yang tenang dan nyaman. Ketenangan dan kenyamanan bisa kita ciptakan sendiri dan masing-masing pegawai bisa memiliki kontribusi untuk menciptakan hal tersebut. Ada empat hal sederhana yang bisa kita lakukan dan tidak sulit untuk diterapkan di tempat kerja. 

E:\DOWNLOADS\Skype_Picture_2020_01_28T04_39_44_118Z.jpeg
Salah satu ruang kerja di PPPPTK Matematika

Menjaga ketenangan ruang kerja

Masing-masing pegawai berkewajiban menjaga ketenangan di ruang kerjanya masing-masing. Tidak berisik dan tidak menyetel musik dengan keras adalah salah satu bentuk partisipasi kita menjaga ketenangan di ruang kerja.

Perlu diingat bahwa tidak semua rekan kerja di ruangan kita menyukai musik tertentu apalagi jika diputar dengan volume yang keras. Jika kita termasuk orang yang suka bekerja sambil mendengarkan suara musik, alangkah baiknya jika menggunakan earphone/headphone agar tidak mengganggu orang lain. 

Menjaga kebersihan ruang kerja

Biasakan selalu menjaga kebersihan ruangan tempat kita bekerja meskipun sudah ada petugas cleaning service yang siap membersihkan ruangan kerja kita. Jangan biarkan sampah sisa pekerjaan misalnya kertas berceceran begitu saja di meja kerja kita atau bahkan ikut mengotori meja kerja teman sebelah. Segera rapikan dan bersihkan.  

Jika di ruangan kerja kita tersedia piring dan gelas untuk digunakan bersama, segera cuci setelah kita gunakan. Jangan biarkan menumpuk piring dan gelas kotor tersebut. Selain membuat ruangan kerja kelihatan kotor dan berantakan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasakan bertanggung jawab terhadap apapun yang kita lakukan.

Segera kembalikan barang yang dipinjam 

Pernahkan mengalami hal ini? Disaat kita membutuhkan pulpen atau staples entah bagaimana secara ajaib barang tersebut menghilang tak tahu dimana. Setelah diingat-ingat ternyata barang tersebut dipinjam oleh rekan kerja kita dan lupa dikembalikan. Hal sepele tetapi pada saat dibutuhkan jadi mengganggu juga. 

Kitapun sering juga begitu, meminjam barang-barang yang kelihatannya kecil dan sepele lalu abai ketika mengembalikan pada saat setelah digunakan. Ada baiknya kita memiliki sendiri barang-barang yang diperlukan tersebut, namun seandainya memang terpaksa harus meminjam tidak ada nasehat lain kecuali segera kembalikan setelah selesai digunakan.

Menjaga penampilan

Menjaga penampilan tidak harus menggunakan pakaian yang mahal. Yang penting rapi, bersih, sopan, dan sesuai tempatnya. Untuk pegawai yang bekerja di lingkungan pemerintah sebagian ada yang menggunakan pakaian seragam dengan aturan-aturan tertentu. Bagi pegawai yang dibebaskan untuk menggunakan pakaian kerja, jangan salah pilih kostum ya.

Penampilan secara keseluruhan juga perlu diperhatikan. Misal, kebersihan dan kesegaran badan juga menunjang penampilan. Gunakan produk kebersihan dan kecantikan yang cocok untuk menjaga badan kita tetap bersih dan segar sepanjang hari. Percuma kan sudah rapi, cantik, gagah, tapi ketika didekati ternyata bau keringatnya tidak enak. Kasihan teman sebelah kita dong. 

Bagaimana, sederhana dan gampang dilakukan bukan? Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekkan di tempat kerja masing-masing. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *