Home » HEADLINES » Sekilas Menengok PPPPTK Matematika di Masa Lampau

Archives

Categories

Sekilas Menengok PPPPTK Matematika di Masa Lampau

Yogyakarta – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika pada tahun 2020 akan memasuki usia 40 tahun. Sejarah panjang perjalanan lembaga ini dari awal hingga menjadi PPPPTK Matematika terekam dalam berbagai dokumentasi foto yang menggambarkan suasana PPPPTK Matematika di masa lampau.

Perubahan yang paling jelas terlihat tentu saja perubahan fisiknya. Ibarat manusia, lembaga ini terus tumbuh dan membesar. Sebagaimana yang terlihat dalam Foto 1, bangunan gedung induk pada tahun 1980 masih terlihat sederhana dan hanya satu lantai. Foto ini diambil pada saat peresmian lembaga yang pada awalnya bernama Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Dr. Daoed Joesoef tanggal 13 November 1980.

G:\01_Bahan\00_b_kepala\01_hirdjan 1980-1986\foto Hirdjan\Peresmian PPPG\tahun82076-crop.jpg
Foto 1. PPPG Matematika Tahun 1980
E:\DOWNLOADS\Poto gedung induk.jpg
Foto 2. PPPPTK Matematika Tahun 2020

Bandingkan perubahan yang terjadi sejak tahun 1980 dan 2020. Wajah utama PPPPTK Matematika sudah berubah. Gedung induk yang dulunya hanya terdiri 1 lantai sekarang sudah menjadi 2 lantai (Foto 2). Perubahan ini tentu saja disesuaikan dengan jumlah pegawai yang berkembang dengan tugas yang semakin bertambah sesuai dengan perkembangan zamannya.

E:\DOWNLOADS\tes 1.png
Foto 3. Aula PPPG Matematika Tahun 1980
E:\DOWNLOADS\tes 1.jpg
Foto 4. Aula PPPPTK Matematika Tahun 2020

Aula yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika (Foto 3 dan 4) juga mengalami perkembangan baik dalam fasilitas juga dalam hal daya tampung. Jika pada awal berdirinya hanya terdiri dari satu lantai saat ini aula yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika terdiri 3 lantai dengan total daya tampung sekitar 700 orang, dan diberi nama Aula Ki Hadjar Dewantara. Aula ini digunakan untuk kegiatan kelembagaan baik yang bersifat akademis maupun non akademis. Selain itu instansi luar dan masyarakat umum bisa memanfaatkan penggunaan aula ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

E:\DOWNLOADS\tes 1.jpg
Foto 5. Ruang Kelas Tahun 1980
E:\DOWNLOADS\tes 1.jpg
Foto 6. Ruang Kelas Tahun 2020

Sebagai lembaga yang menangani kegiatan Diklat, PPPPTK Matematika memiliki sarana ruang kelas yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sayangnya untuk data jumlah dan kapasitas kelas pada awal berdirinya lembaga ini tidak terdokumentasi dengan baik, sehingga hanya bisa melihat bukti fisik berdasarkan foto-foto dokumentasi. Untuk saat ini, PPPPTK Matematika memiliki 14 ruang kelas dengan rincian 6 kelas berada di Gedung Gauss (4 lantai) dan 8 ruang kelas berada di Gedung Phytagoras (3 lantai) dengan masing-masing ruang kelas berkapasitas 40 orang.

E:\DOWNLOADS\tes 1.jpg
Foto 7. Perkembangan Mobil Dinas PPPPTK Matematika

Sarana lain seperti mobil dinas juga mengalami perkembangan sesuai waktu dan kebutuhannya untuk mendukung kelancaran aktivitas kelembagaan. Saat ini ada 9 mobil dinas yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika. Fasilitas ini digunakan oleh pegawai PPPPTK Matematika untuk melaksanakan tugas kedinasan. 

Masih banyak lagi foto dokumentasi yang menggambarkan dinamika PPPPTK Matematika dari sejak berdiri hingga sekarang. Foto dokumentasi memiliki kekuatan tersendiri untuk merekam potongan suasana di masa lampau untuk dijadikan bukti sejarah. Sekilas gambar yang terekam dalam foto ini semoga bisa mengingatkan kembali pegawai PPPPTK Matematika terkait perjalanan panjang yang sudah ditempuh dalam mengemban tugas di bidang kediklatan. Selain itu, masyarakat juga bisa melihat bagaimana awal berdirinya lembaga ini. Bagi yang pernah berada pada masa tersebut semoga membawa kenangan indah karena ikut berada dalam sejarah tersebut. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *