Home » HEADLINES » Dirjen GTK Canangkan Gerakan AJarMat sebagai Rintisan Gerakan Nasional

Archives

Categories

Dirjen GTK Canangkan Gerakan AJarMat sebagai Rintisan Gerakan Nasional

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika melakukan Pencanangan Gerakan Ayo Belajar Matematika (AJarMat) sebagai Rintisan Gerakan Nasional di tujuh titik lokasi AJarMat perwakilan wilayah di seluruh Indonesia Rabu, 27 November 2019 secara serentak melalui Video Conference (Vicon) dari PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6 Yogyakarta. Ketujuh titik lokasi AJarMat yang mengikuti pencanangan Gerakan AJarMat tersebut adalah di Kab. Aceh Tamiang, Kota Jakarta Timur, Kab. Bogor, Kota Pontianak, Kota Makassar, Kota Denpasar, dan Kab. Sumba Tengah.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-11-27 at 11.32.11 AM.jpeg
Dirjen GTK, Dr. Supriano, M.Ed., melakukan Vicon untuk meresmikan Pencanangan Gerakan AJarMat sebagai Rintisan Gerakan Nasional dari Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Pencanangan tersebut diresmikan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Dr. Supriano, M.Ed., melalui vicon dari Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Jakarta. Dalam pernyataannya, Supriano memberikan apresiasi kepada PPPPTK Matematika karena melakukan terobosan proses pembelajaran dalam bentuk gerakan AJarMat ke masyarakat agar ikut bersama-sama membantu anak-anak menyenangi matematika.

“Mari kita mulai belajar matematika bersama-sama dengan sistem gotong royong karena ini merupakan kekuatan bangsa kita. Saya rasa AJarMat adalah cara yang baik dan bagus dan nanti bisa diterapkan lebih luas lagi karena dengan cara seperti ini kita bisa mengisi pengetahuan anak-anak kita jika belum didapatkan di sekolah bisa didapat melalui orang tua dan kelompok masyarakat,” ujar Supriano.

Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., sebelumnya menjelaskan bahwa Gerakan AjarMat merupakan program yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika yang dicetuskan sebagai salah satu terobosan dalam upaya membangun ekosistem pendidikan khususnya bidang matematika guna mengatasi stagnasi dan keterlambatan peningkatan prestasi belajar matematika siswa saat ini. 

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-11-27 at 10.26.38 AM.jpeg
Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., didampingi Kepala Bidang Program dan Informasi Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., bersama widyaiswara menyapa peserta vicon dari 7 lokasi di kab/kota di Indonesia.

Inti dari Gerakan AjarMat adalah mendorong dan mengajak orang tua atau masyarakat agar ikut serta membangun iklim pendampingan yang saling asih, asah, dan asuh dalam pembelajaran matematika dengan suasana yang kreatif, inovatif, inspiratif, dan menyenangkan. Gerakan AjarMat ini memberdayakan para kader AjarMat yang telah diberi pembekalan oleh PPPPTK Matematika sebagai motor untuk menggerakkan program agar sampai ke orang tua atau anggota masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang Program dan Informasi Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., sebagai pencetus gagasan gerakan ini menerangkan bahwa pemilihan 7 titik lokasi AJarMat yang mengikuti vicon pencanangan gerakan AJarMat adalah mempertimbangkan kesiapan dan dukungan teknis, serta representasi ke-Indonesia-an dari wilayah timur hingga ke barat. Sedangkan yang menjadi sasaran gerakan AJarMat adalah orang tua siswa (forum wali murid, komite sekolah, dan sebagainya) dan kelompok/komunitas anggota masyarakat (PKK, dasawisma, jam belajar masyarakat/JBM, dan sebagainya).

Rachmadi juga menjelaskan bahwa Gerakan AJarMat sudah dilakukan ujicoba terbatas di kab/kota yang berada di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta dengan hasil evaluasi yang menyebutkan bahwa sebanyak 54,55% responden menyatakan sangat bermanfaat dan 43,32% menyatakan bermanfaat bagi orang tua/anggota masyarakat. Responden secara umum menyatakan bahwa aktivitas di dalam kegiatan Gerakan AJarMat menarik, bahan yang digunakan dalam kegiatan tersebut mudah didapat, kader AJarMat memiliki kompeten yang baik, serta menambah wawasan dan membantu bagi pendampingan anak dalam belajar matematika.

Hasil akhir yang diharapkan dari Gerakan AJarMat sebagai Rintisan Program Nasional ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa. Keberhasilan siswa tidak semata tanggung jawab jalur pendidikan formal, akan tetapi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Sekolah hanyalah pembantu kelanjutan pendidikan dalam keluarga sebab pendidikan yang pertama dan utama diperoleh anak adalah dalam keluarga. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *