Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Tetapkan Lima Peserta Terbaik ONIP 2019

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Tetapkan Lima Peserta Terbaik ONIP 2019

Yogyakarta – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menetapkan lima peserta terbaik yang mengikuti lomba Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika tanggal 4 s.d 8 November 2019 di LPMP D.I Yogyakarta. Kelima peserta terbaik berhak menerima penghargaan berupa uang pembinaan dari PPPPTK Matematika.

E:\DOWNLOADS\ONIP.jpeg
Para peserta pemenang ONIP 2019, berpoto bersama dengan Kepala Bagian Umum PPPPTK Matematika, Nunik Sukeksi, S.H., M.Pd (no 8 dari kiri) dan Tim Penilai ONIP 2019.

Penetapan lima peserta terbaik tersebut dilakukan setelah 26 peserta mengikuti kegiatan Workshop Penilaian ONIP untuk mempresentasikan dan melakukan simulasi hasil karya inovasinya di hadapan Tim Penilai PPPPTK Matematika. Sebelum melakukan presentasi, peserta diberi pembekalan materi terkait pengembangan media dan persiapan seminar produk.

Adapun peserta yang berhasil menjadi juara pada ONIP 2019 adalah sebagai berikut:

NamaInstansiNama ProdukJUARA
Tony HarsenoSD Mudal BoyolaliPBL IMUT1
M. AbrorSMPN 1 Unter IwesTetris Geogebra2
SulastriSD Al Hikmah SurabayaAplikasi Pola Bilangan3
SunyotoSMA Negeri 1 KediriGame Interaktif Invers Matriks4
Agus SukamtoSDN Gadudero, Sukolilo, PatiJAKUBAR5

Dalam penilaian tersebut, seluruh peserta melewati dua tahapan yaitu Tahap Presentasi Produk Inovasi dan Tahap Simulasi Pembelajaran. Pada tahap Presentasi Produk Inovasi, peserta mempresentasikan produk inovasi yang telah dikembangkan dengan cara menunjukkan bagaimana penggunaan dan menjelaskan keunggulan produknya.

Selanjutnya dari tahap tersebut, Tim Penilai memilih 10 produk yang ditampilkan di tahap Simulasi Pembelajaran. Pada tahap ini, peserta melakukan simulasi penggunaan produk inovasinya dalam pembelajaran. Dalam tahap ini, aspek yang penjadi penilaian adalah: tujuan pembelajaran, kemudahan dalam proses pembelajaran, kebermanfaatan, dan relevansi dengan isu pendidikan matematika terkini.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-11-08 at 4.26.56 PM.jpeg
Salah satu peserta ONIP 2019 sedang melakukan presentasi di hadapan Tim Penilai PPPPTK Matematika.

ONIP PPPPTK Matematika merupakan salah satu inovasi program pengembangan dan pemberdayaan PTK Matematika yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika sebagai upaya untuk mendorong dan memfasilitasi pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di Indonesia. ONIP yang dirancang oleh PPPPTK Matematika diharapkan menjadi ajang bagi guru untuk berkompetisi menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang bermanfaat. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *