Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Raih Juara di Jogja Fashion Carnival 2019

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Raih Juara di Jogja Fashion Carnival 2019

Yogyakarta – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika ikut berpartisipasi dalam pergelaran Jogja Fashion Carnival tangggal 3 November 2019. Pada ajang ini, PPPPTK Matematika berhasil meraih JUARA HARAPAN III Kategori Flora pada Jogja Fashion Carnival 2019.

E:\DOWNLOADS\IMG-20191103-WA0062.jpg
Pengumuman pemenang Jogja Fashion Carnival di Jogja Expo Center, Minggu (3/11/2019), PPPPTK Matematika meraih Juara Harapan III Kategori Flora.

Jogja Fashion Carnival ini merupakan bagian dari acara Jogja Fashion Week ke-14 tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY dan digelar di sepanjang jalan Malioboro hingga alun-alun utara Yogyakarta. Total peserta yang mengikuti karnaval ini sebanyak 28 kelompok yang terdiri dari 5 kelompok bintang tamu dan 22 kelompok yang mengikuti lomba karnaval, menggunakan tema kostum yang telah ditetapkan serta dinilai oleh dewan juri dari berbagai bidang ilmu dari unsur pemerintahan, budayawan, dan fashion.

Tema pada Jogja Fashion Carnival 2019 adalah Jantaka Anargya yang memiliki arti merubah atau membuat sesuatu sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi. Dalam carnival peserta menggunakan kostum dari bahan-bahan daur ulang dengan mengambil salah satu dari dua kategori yaitu flora dan fauna.

E:\DOWNLOADS\IMG-20191103-WA0059.jpg
Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., berpoto bersama dengan Tim Karnaval PPPPTK Matematika.

Untuk PPPPTK Matematika sendiri memilih mengusung tema: Mathematics in Flora Global Warming. Melalui tema ini PPPPTK Matematika menampilkan fashion yang menyimbolkan unsur-unsur tanah, pohon, daun, bunga, dengan menggunakan bahan daur ulang yang ramah lingkungan. Persembahan karya fashion dari PPPPTK Matematika merupakan wujud kepeduliannya terhadap lingkungan dan pemanasan global yang diterjemahkan ke dalam karya seni ramah lingkungan.

E:\DOWNLOADS\IMG-20191103-WA0074.jpg
Super Icon PPPPTK Matematika tampil di panggung penilaian 6 finalis di Jogja Expo Center.
E:\DOWNLOADS\IMG-20191103-WA0091 (1).jpg
Tim Karnaval PPPPTK Matematika berbaris bersiap untuk melakukan pawai di sepanjang jalan Malioboro.

Seperti yang terlihat pada sayap-sayap yang digunakan para Icon di punggung menggambarkan kerusakan yang ditimbulkan akibat pemanasan global. Hamparan tanah dan gumpalan-gumpalan tanah yang tererosi, pohon dan daun yang kering, serta ranting-ranting yang rapuh ditampilkan dalam kostum dengan disain untuk menggugah kepedulian kita tentang lingkungan

Selain itu, pada kostum yang digunakan tetap menggunakan berbagai simbol matematika sebagai ciri identitas PPPPTK Matematika. Penggunaan berbagai representasi matematika antara lain menggunakan bentuk geometri, angka dan bilangan, lambang operasi, dan bentuk fraktal. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *