Home » HEADLINES » Seminar Internasional Pertama ISMaTeL Resmi Dibuka

Archives

Categories

Seminar Internasional Pertama ISMaTeL Resmi Dibuka

Yogyakarta – Penyelenggaraan seminar bertaraf internasional pertama yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika dengan nama 1st International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL) tanggal 22 s.d. 25 Oktober 2019 secara resmi telah dibuka oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang diwakili oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Ir. Sri Renani Pantjastuti, MPA., Selasa (22/10/2019) di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-10-23 at 12.12.18 AM.jpeg
Pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kegiatan ISMaTeL oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Ir. Sri Renani Pantjastuti, MPA didampingi oleh Kepala dan Pejabat Struktural PPPPTK Matematika

Dalam sambutannya, Sri Renani menyampaikan apresiasi kepada PPPPTK Matematika atas penyelenggaraan ISMaTeL ini. Dia berharap peserta dapat mendesiminasikan dan juga mengembangkan etnomatematika ke seluruh guru di Indonesia. Ditambahkannya pula bahwa melalui seminar ini peserta tidak hanya belajar mengenai etnomatematika tetapi juga mengembangkan jejaring untuk memperluas wawasan. Sebelumnya Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta dan berharap seminar ini bermanfaat bagi peserta dan anak bangsa.

Penyelenggaraan ISMaTeL oleh PPPPTK Matematika berangkat dari Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) 2015 – 2019 yang salah satunya menyebutkan bahwa perlu adanya upaya untuk meningkatkan daya saing regional. Oleh sebab itu, Kepala Bidang Program dan Informasi, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., mengatakan dalam laporan pada pembukaan bahwa ISMaTeL akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan secara periodik setiap dua tahun.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-10-23 at 12.12.26 AM.jpeg
Pembicara dan tamu undangan ISMaTeL berphoto bersama.

Lebih lanjut, Rachmadi menjelaskan melalui seminar ini dapat memberikan wawasan kepada peserta mengenai etnomatematika secara lebih dalam baik melalui presentasi seminar oleh para pakar etnomatematika dan juga langsung belajar etnomatematika ke situs budaya. Sebanyak 201 peserta dari peserta dari Myanmar, Lao PDR, Timor Leste, dan Indonesia juga akan melakukan studi etnomatematika di Candi Prambanan, Candi Boko, Keraton Yogyakarta, dan Kerajinan Perak Kotagede untuk mengeksplor lebih jauh kajian matematika di situs-situs budaya.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-10-23 at 12.12.35 AM.jpeg
Penampilan tarian selamat datang Beksa Bambangan Cakil yang dibawakan oleh siswa dari Museum Kekayon Yogyakarta.

Pada acara pembukaan juga ditampilkan persembahan tarian selamat datang yaitu Beksan Bambangan Cakil yang dibawakan siswa-siswa dari Museum Kekayon Yogyakarta, Persembahan kekayaan budaya batik yang lekat dengan matematika yang dibawakan oleh putra putri pegawai PPPPTK Matematika, dan Tembang Dolanan Anak dengan judul Dolanan Angka oleh Perguruan Tamansiswa. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *