Home » HEADLINES » PPPPTK Matematika Gelar Konferensi Pers ISMaTeL

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Gelar Konferensi Pers ISMaTeL

Yogyakarta –  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menggelar Konferensi Pers menjelang perhelatan 1st International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL) dengan tema: Ethnomathematics In Teaching And Learning Process: What, Why, And How?  yang akan dilaksanakan di Grand Dafam Rohan Jogja tanggal 22 s.d 25 Oktober 2019 yang akan datang.

Konferensi Pers dilaksanakan di Aula Ki Hadjar Dewantara Lt. 1, Rabu (16/10/2019) dengan dihadiri oleh 14 wartawan dari media cetak dan elektonik yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Konferensi pers dipimpin langsung oleh Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., didampingi oleh Kabid Program dan Informasi, (Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A), Kabid Fasilitasi dan Peningkatan Kompetensi (Dra. Puji Iryanti, M.Sc.Ed), Penanggung Jawab Kegiatan ISMaTeL (Yuliawanto, M.Si), Pembicara di ISMaTeL sekaligus widyaiswara PPPPTK Matematika (Dr. Sri Wulandari Danoebroto, M.Pd), dan Koordinator Widyaiswara PPPPTK Matematika (Dr. Adi Wijaya, S.Pd.,M.A).

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-10-16 at 1.44.39 PM.jpeg
Suasana Konferensi Pers ISMaTeL di Aula Ki Hadjar Dewantara Lt. 1, PPPPTK Matematika.

Dalam pernyataannya di konferensi pers, Daswatia Astuty mengatakan bahwa penyelenggaraan seminar bertaraf internasional ini akan dihadiri oleh pembicara pakar etnomatematika tidak hanya dari Indonesia tetapi juga pakar dari luar negeri. Pembicara yang nanti hadir dalam ISMaTeL, yaitu: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.PA., sebagai keynote speaker, Prof. Dr. Marsigit, M.A., dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Wilfredo V. Alangui, dari University of the Philippines Baguio, Philippina, Dr. Nirmala Naresh, dari University of North Texas, Amerika Serikat, dan Dr. Sri Wulandari Danoebroto, M.Pd., dari PPPPTK Matematika.

Selanjutnya menurut Rachmadi Widdiharto, perhelatan ISMaTeL pertama ini selanjutnya akan dijadikan kegiatan rutin PPPPTK Matematika yang akan dilaksanakan setiap dua tahun sekali sebagai upaya membuka wawasan guru tentang alternatif inovasi pembelajaran Matematika melalui ajang temu ilmiah level internasional. 

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-10-16 at 3.59.59 PM.jpeg
Foto dari Kiri ke kanan: Penanggung Jawab ISMaTeL (Yuliawanto), Kabid FPK (Puji Iryanti), Kabid PI (Rachmadi Widdiharto), Kepala PPPPTK Matematika (Daswatia Astuty), Pembicara di ISMaTeL (Sri Wulandari Danoebroto), dan Koordinator Widyaiswara (Adi Wijaya).

Sehubungan dengan tema ISMaTeL mengenai etnomatematika, peserta seminar akan dibawa langsung untuk melakukan studi di 4 situs budaya yang ada di Yogyakarta, yaitu: Candi Prambanan, Candi Boko, Keraton Yogyakarta dan Pusat Kerajinan Perak di Kotagede. Dijelaskan oleh Puji Iryanti bahwa melalui pembelajaran di situs budaya sekaligus ingin memperlihatkan keragaman budaya Indonesia dengan difokuskan terhadap kaitannya dengan pembelajaran matematika.

Menjawab pertanyaan dari wartawan mengenai pemilihan topik etnomatematika, Sri Wulandari Danoebroto menjelaskan bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya dan hal tersebut merupakan potensi untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Bentuk-bentuk matematika dalam budaya lokal sering dipandang tidak memiliki kontribusi dalam kehidupan moderen saat ini, sehingga keberadaannya diabaikan. Padahal matematika budaya atau etnomatematika berperan dalam membangun identitas individu serta dapat berperan dalam pengembangan kurikulum sekolah.

Dalam konferensi pers tersebut, Yuliawanto sebagai Penanggung Jawab kegiatan ISMaTeL menjelaskan teknis pelaksanan ISMaTeL dan mengundang wartawan agar meliput kegiatan mulai dari pembukaan hingga kegiatan studi etnomatematika di situs budaya. (RK)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *