Home » BERITA » Kediklatan » Mahasiswa UAD Yogyakarta Eksplorasi Ilmu di PPPPTK Matematika

Mahasiswa UAD Yogyakarta Eksplorasi Ilmu di PPPPTK Matematika

Yogyakarta, PPPPTK Matematika. Salah satu upaya untuk mengenalkan, menambah dan meningkatkan pengetahuan bagi calon guru SD, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta bekerjasama dengan PPPPTK Matematika mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Kegiatan ini diikuti sebanyak 109 mahasiswa Prodi PGSD semester tujuh.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dosen pembimbing, Hengkang Bara Saputra, S.Pd., M.Pd. yang berterima kasih kepada PPPPTK Matematika yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan Bimtek terkait dengan Media Alat Peraga Matematika, Pembelajaran Tematik, Problem Solving, dan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). 

Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., menyerahkan kenang-kenangan kepada dosen pendamping, Hengkang Bara Saputra, S.Pd., M.Pd.

Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., menyambut langsung kedatangan peserta Bimtek. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tugas pokok dan fungsi PPPPTK Matematika dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru/pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Rachmadi juga menjelaskan bahwa untuk pelatihan guru jenjang SD ditangani oleh semua PPPPTK yang ada di Indonesia. 

Menurut Rachmadi, tataran pelatihan ada 3 jenis, yaitu: pre service learning, in service learning, dan on service learning. Dijelaskan bahwa kegiatan yang sedang diikuti oleh mahasiswa ini adalah masuk ke dalam jenis pre service learning.

Drs. Agus Suharjana, M.Pd. memberikan materi Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD di Ruang Lab. Media Alat Peraga Matematika

Melalui Bimtek ini, mahasiswa diharapkan mendapat pencerahan ilmu dari para widyaiswara PPPPTK Matematika. Pesan Rachmadi kepada peserta Bimtek agar nantinya menjadi pengajar yang tidak mekanistik, namun analitik untuk menuju pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS).

Tak lupa juga disampaikan kepada peserta Bimtek agar mengeksplorasi ilmu yang ada di PPPPTK Matematika untuk kemudian dielaborasi dengan ilmu atau media yang lain. Beliau juga berharap mahasiswa peserta Bimtek berkonsentrasi dengan maksimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mendapat ilmu yang menjadi inspirasi. (CS)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *