Home » BERITA » Kediklatan » Pembekalan Kader Gerakan AJarMat di PPPPTK Matematika

Pembekalan Kader Gerakan AJarMat di PPPPTK Matematika

Yogyakarta – Sebanyak 28 orang Instruktur Provinsi (IP) dan Instruktur Kabupaten/Kota (IK) jenjang SD mengikuti Pembekalan AjarMat bagi IP/IK Pelatihan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBBT) Provinsi DIY/Pembekalan Kader Gerakan AJarMat tanggal 9 s.d. 11 Juli 2019 di Gedung Gauss Lt. 4, PPPPTK Matematika. Selama tiga hari, peserta akan mendapat sosialisasi mengenai Gerakan AjarMat untuk selanjutnya didesiminasikan kepada orang tua atau anggota masyarakat yang lain.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-07-09 at 10.37.53 AM.jpeg
Peserta Pembekalan AJarMat mengikuti upacara pembukaan di Gedung Gauss Lt. 4, PPPPTK Matematika.

Gerakan AJarMat merupakan program yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika yang dicetuskan oleh Kepala Bidang Program dan Informasi, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., sebagai salah satu terobosan dalam upaya untuk membangun ekosistem pendidikan khususnya bidang matematika guna mengatasi stagnasi dan keterlambatan peningkatan prestasi belajar matematika siswa saat ini. Kata “AJarMat” yang menjadi slogan gerakan ini berasal dari singkatan: Ayo Belajar Matematika.

Inti dari Gerakan AJarMat adalah mendorong dan mengajak orang tua atau masyarakat agar ikut serta membangun iklim pendampinagn yang asih, asah, dan asuh dalam pembelajaran matematika dengan suasana yang kreatif, inovatif, inspiratif, dan menyenangkan. Gerakan AJarMat ini memanfaatkan alumni yang dimiliki oleh PPPPTK Matematika sebagai motor untuk menggerakkan program agar sampai ke orang tua atau anggota masyarakat.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-07-09 at 10.37.56 AM.jpeg
Kepala Bidang Program dan Informasi, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., pencetus Gerakan AJarMat menyampaikan gambaran umum kepada peserta tentang Gerakan AjarMat.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., di Gedung Gauss Lt.4 PPPPTK Matematika. Dalam sambutannya, Daswatia mengucapkan terima kasih kepada alumni yang bersedia menjadi kader Gerakan AJarMat dan sekaligus mengapresiasi program Gerakan AjarMat sebagai bentuk tanggung jawab PPPPTK terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan matematika.

“Gerakan AJarMat akan dijadikan sebagai gerakan nasional yang mendorong orang tua atau masyarakat untuk mendampingi anak belajar dengan menjadikan matematika pelajaran yang menyenangkan,” kata Daswatia. (RK)

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-07-09 at 10.37.59 AM.jpeg
Peserta pelatihan yang terdiri dari alumni IP/IK sedang mengikuti pembekalan untuk menjadi kader Gerakan AJarMat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *