Home » BERITA » Kediklatan » Mendikbud: Jangan Berhenti dan Menyerah, Berikan yang Terbaik Bagi Bangsa

Archives

Categories

Mendikbud: Jangan Berhenti dan Menyerah, Berikan yang Terbaik Bagi Bangsa

“Saya berharap Ibu  dan Bapak dapat menginspirasi guru yang lain, jangan berhenti dan jangan menyerah untuk memberikan  yang terbaik bagi bangsa ini terutama di sektor pendidikan” ucap Mendikbud, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP., dalam acara Bimbingan Teknis dalam Rangka Post Departure Peserta Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ke  Luar Negeri di Korea National University of Education (KNUE) Tahun 2019. Pertemuan antara Mendikbud dan peserta pelatihan tersebut dilaksanakan di Ruang Gamma, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, Senin (25/3/19).

G:\kunjungan menteri 25 Maret 2019\IMG_4027.JPG
Mendikbud, Muhadjir Effendy sedang berdialog dengan peserta pelatihan dalam kegiatan Bimtek di PPPPTK Matematika, 25 Maret 2019.

Lebih lanjut, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menyampaikan agar ilmu yang didapat bisa diterapkan secara berkelanjutan dan menyeluruh untuk pengembangan dan meningkatkan kapasitas pembelajaran di bidang matematika. Ditekankan juga agar peserta tidak memaksakan apa yang telah didapat selama pelatihan di Korea Selatan untuk diterapkan di Indonesia tetapi hendaknya disesuaikan dengan kondisi di tempat masing-masing.

 Pada kesempatan tersebut, Mendikbud juga melakukan sesi dialog dengan peserta. Salah satu peserta pelatihan, Adi Wijaya, widyaiswara PPPPTK Matematika menyampaikan kepada Mendikbud bahwa selama pelatihan selain menimba ilmu juga mendapat masukan-masukan terkait pembelajaran Higher Order Thingking Skils (HOTS).

“Ternyata di sana tidak hanya karena komitmen Pemerintah tetapi juga komitmen dari orangtua dan masyarakat tinggi terhadap pendidikan. Sejak awal anak-anak sudah mulai belajar untuk menggunakan daya pikir yang tinggi baik menggunakan coding maupun penggunaan media-media yang semuanya ditekankan untuk menumbuhkan daya kritis, dan daya kreatif.” Ujar Adi. Ditambahkannya pula bahwa kemampuan seorang guru sangatlah penting untuk menumbuhkan daya kreatif peserta didik sejak dini.

Selain dihadiri oleh 17 guru dan 3 widyaiswara peserta pelatihan, pertemuan tersebut dihadiri juga oleh Irjen Kemdikbud, Kadis Dikpora DIY, Direktur SEAMEO Qitep in Mathematics, dan seluruh pejabat struktural di PPPPTK Matematika. Selanjutnya usai sesi dialog dengan peserta pelatihan, acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti gedung Ki Hadjar Dewantara, PPPPTK Matematika oleh Mendikbud. (DD)

G:\kunjungan menteri 25 Maret 2019\IMG_4066.JPG
Mendikbud, Muhadjir Effendy menandatangi prasasti peresmian gedung aula Ki Hadjar Dewantara tanggal 25 Maret 2019 Matematika di PPPPTK Matematika.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *