Home » BERITA » Ruang Ekspresi Guru » Kolaborasi Tanpa Batas

Archives

Categories

Kolaborasi Tanpa Batas

Penulis: Nurlyanto, S.Pd (SD Negeri 4 Sungai Mali, Sintang – Kalbar)

Senin 18 Maret 2019 tepatnya hari ke enam kegiatan Short Course di SEAMEO RECSAM Penang – Malaysia kami mendapat tugas untuk membuat lesson plan menggunakan bahasa inggris. Tugas membuat lesson plan tersebut dilakukan secara berkelompok, dalam tiap kelompok terdiri dari lima orang. Setiap kelompok diminta untuk membuat satu lesson plan dengan pendekatan STEM maupun problem based learning.

Praktik membuat Lesson Plan dengan memanfaatkan Google Dokumen

Pada kesempatan kali ini, untuk memudahkan bekerja dalam kelompok kami mencoba menggunakan inovasi teknologi dari Google. Pada zaman yang serba canggih dan didukung kualitas WiFi yang baik di Math Lab RECSAM, kami berinisiatif memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengeksplorasi kecanggihan dari Google Dokumen (Docs).

Google Dokumen bukanlah barang baru bagi pengguna smartphone Android dan pemilik akun google. Selain digunakan untuk mengetik sebagai alternatif dari Microsoft Word, ternyata tak banyak yang tahu bahwa Google Dokumen memiliki senjata andalan yaitu dapat melakukan kolaborasi untuk kerja tim.

Kolaborasi dalam Google Dokumen dapat dilakukan dengan membagikan kepada rekan anda tautan dokumen yang akan dikerjakan bersama. Sebelum membagikan tautan (link) anda perlu merubah pengaturan akses berbagai tautan, ada beberapa pilihan terhadap akses dari tautan tersebut, dan untuk melakukan kolaborasi pilihlah pengaturan agar penerima tautan dapat mengedit dokumen.

Melakukan kolaborasi tim dengan menggunakan Google dokumen

 Setelah tautan tersebut dibagikan kepada rekan kerja anda, maka dokumen yang akan digarao dapat dikerjakan secara bersama-sama kapanpun dan dimanapun. Anda tidak perlu bingung menentukan jadwal bertemu untuk mengerjakan tugas, karena rekan kerja anda dapat mengerjakannya di lokasi masing-masing walaupun ia berada di luar negeri.

Hebat bukan? Selamat mencoba!


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *