Home » BERITA » Umum » PPPPTK Matematika Selenggarakan Workshop Penilaian Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika (ONIP) 2018

Archives

Categories

PPPPTK Matematika Selenggarakan Workshop Penilaian Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika (ONIP) 2018

Sleman – Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika kembali menyelenggarakan Workshop Penilaian Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika (ONIP) tanggal 29 Oktober – 2 November 2018. ONIP merupakan salah satu inovasi program pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Matematika oleh PPPPTK Matematika. ONIP Matematika merupakan wadah bagi guru untuk menampilkan hasil karya inovasi pembelajaran yang dibuatnya untuk dikompetisikan. Kompetisi ini diharapkan dapat mendorong guru untuk terus berinovasi dan sekaligus bisa mendukung pembelajaran di kelasnya.

ONIP Matematika merupakan program yang tak terpisahkan dari PPPPTK Matematika untuk mendorong guru melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Seperti telah diketahui bersama bahwa karya inovasi merupakan salah satu jenis kegiatan yang harus dilakukan guru untuk PKB. Tema ONIP 2018 adalah Pengembangan Inovasi Pembelajaran Matematika dalam Rangka Mengembangkan Kecakapan Abad 21”.

“Ini adalah kompetisi. Berkompetisilah secara sehat karena sebenarnya yang kita lakukan adalah saling membakar semangat agar saling bersinergi untuk maju dengan mutu dan kualitas yang baik. Ibaratkan seperti burung penguin, akan mati bila ia hidup sendiri. Semua peserta berkumpul untuk menghasilkan inovasi yang kelak akan diterapkan untuk mengajar murid-muridnya sehingga setelah kegiatan ini murid yang diajar akan mendapatkan manfaat dari apa yang kita kerjakan di workshop ini.” Terang Daswatia Astuti selaku Kepala PPPPTK Matematika dalam sambutan pembuka kegiatan.

E:\Cahyo 2018\Web 2018\Berita 2018\Umum\ONIP 2018\DSC_0121.edit.jpg

Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., mendengarkan penjelasan dari peserta pameran ONIP 2018 di Ruang Kelas Gedung Phytagoras lantai 3

 Kegiatan ONIP diikuti oleh 30 guru kelas SD dan guru matematika tingkat SMP, SMA dan SMK. Dari kegiatan ONIP nantinya diharapkan akan menghasilkan para guru yang mempunyai kreatifitas dan inovasi tinggi dalam model/strategi/metode pembelajaran matematika, pengembangan alat peraga matematika, dan kreasi multimedia yang berguna dalam mendukung proses pembelajaran. (DD)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *