Home » BERITA » Kediklatan » Dukung Gerakan Literasi Nasional, PPPPTK Matematika Adakan Pelatihan Literasi Guru

Archives

Categories

Dukung Gerakan Literasi Nasional, PPPPTK Matematika Adakan Pelatihan Literasi Guru

Makassar – Gerakan Literasi Nasional (GLN) telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejak tahun 2017 yang lalu dan hingga saat ini menjadi salah satu kebijakan Kemdikbud yang diimplementasikan di daerah. Sebagai bentuk dukungan terhadap GLN yang telah dicanangkan Kemdikbud, PPPPTK Matematika mengadakan pelatihan Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika menggunakan skenario In Service Learning 1, On The Job Learning, dan In Service Learning 2. Untuk kegiatan In Service Learning 1 dilaksanakan di Balai Diklat PUPR Wilayah 8 Makassar, Sulawesi Selatan selama 4 hari, mulai tanggal 3 s.d. 7 September 2018. Pelatihan ini diikuti sebanyak 25 orang guru SD dengan dipandu dua orang fasilitator dari PPPPTK Matematika. Pelatihan literasi tahun 2018 lebih difokuskan pada pelatihan penulisan artikel matematika dan pendidikan matematika.

Tujuan pelatihan literasi yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penulisan artikel dan mewadahi praktik sederhana guru untuk bisa mengomunikasikan ide dan gagasan kepada orang lain serta dapat memperbaiki kualitas pembelajaran (matematika) di kelas.

Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. berkesempatan membuka pelatihan literasi. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada peserta  untuk rajin menulis dimulai dari yang sederhana dulu, misalnya dapat dimulai dari menceritakan tentang keseharian kita. Menurutnya ada tiga kunci dalam penulisan yaitu Apa,  Bagaimana, dan Untuk apa.

D:\Cahyo 2018\RT 2018\Berita 2018\Foto\literasi makassar 1.png
Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. (berdiri di mimbar)  memberikan arahan dan motivasi kepada peserta pelatihan di Ruang Kelas Balai Diklat PUPR Wilayah 8 Makassar, Sulawesi Selatan .

Melalui pelatihan literasi ini, nantinya diharapkan kebijakan Kemdikbud terkait program GLN dapat dipahami oleh para peserta pelatihan. Selain itu juga para peserta pelatihan mendapat pendampingan dalam menulis artikel sederhana tentang matematika dan pembelajaran matematika yang akan terwujud dalam bentuk karya tulis yang siap untuk dipublikasikan. (CS)

D:\Cahyo 2018\RT 2018\Berita 2018\Foto\literasi makassar 2.png
Peserta foto bersama dengan Kepala PPPPTK Matematika, Pejabat Struktural dan Pengajar diklat usai acara pembukaan kegiatan. Dari kiri ke kanan posisi duduk; Sumadi, S.Pd., M.Si, (Pengajar diklat) Esti Sulastinah, SH, M.Hum, (Kasi Data dan Informasi), Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. (Kepala PPPPTK Matematika) dan Choirul Listyani, M.Si. (Pengajar diklat) .

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *