Home » BERITA » Umum » Rombongan Mahasiswa Program Pendidikan PGSD Universitas Lalang Buana Menerima Bimbingan Teknis di PPPPTK Matematika

Archives

Categories

Rombongan Mahasiswa Program Pendidikan PGSD Universitas Lalang Buana Menerima Bimbingan Teknis di PPPPTK Matematika

(Kamis, 8/2/2018) Diterima oleh Kepala Bidang perencanaan PPPPTK Matematika Dr. Rachmadi Widdiarto M.A., rombongan mahasiswa Program Pendidikan PGSD Universitas Lalang Buana  di kampus PPPPTK Matematika.

Rombongan yang berjumlah  105 orang tersebut langsung diarahkan ke ruang Laboratorium Matematika, untuk mendapatkan materi tentang matematika. Didampingi dosen pembimbing Nana Sukmana dan Farid S Nurdin sekitar pukul 08.35 WIB.

Dalam sambutannya Nana Sukmana menyanpaikan ucapan terima kasih kepada segenap pejabat dan karyawan PPPPTK Matematika yang telah berkenan menerima kedatangan rombongan mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut.

Bersamaan dengan itu juga Nana Sukmana dalam sambutannya mengatakan bahwa pada jenjang pendidikan dasar seorang guru sangat diperlukan adanya ketrampilan di bidang matematika, IPA, Seni, dan lain-lain. Karena  pendidikan jenjang dasar merupakan pondasi untuk menempuh jenjang pendidikan yang selanjutnya. Untuk itu diperlukan adanya dukungan media alat peraga dalam proses pembelajaran, sebab pada tingkat sekolah dasar peran alat peraga dapat membantu pemahaman materi yang disampaikan guru.

Dalam sambutan yang disampaikan Dr. Rachmadi Widdiarto, M.A. mengatakan bahwa perkembangan psikologi anak dalam pendidikan memerlukan tahapan yang sesuai dengan usia anak didik. Hal ini akan mempengaruhi tingkat keberhasilan pendidikan itu sendiri.

Suasana interaksi dengan mahasiswa sangat akrab, Kepala Bidang Fasilitasi dan Peningkatan Kompetensi tersebut menanyakan kepada seorang mahasiswa Yesi Rahmawati tentang jenjang perkembangan psikologi anak. Dengan lancar Mahasiswa semester 5 tersebut menjelaskan bahwa ada periode sensori-motor, periode pra-operasional, periode operasional-konkret, periode operasional formal.

Dr. Rachmadi Widdiarto, M.A. menyambut kedatangan peserta Bimtek di Ruang Lab. Matematika.

Ditegaskan pula oleh Dr. Rachmadi Widdiarto, M.A. bahwa manfaat alat peraga dalam proses pembelajaran di sekolah dasar adalah dapat menjembatani pemahaman materi yang disampaikan seorang guru untuk siswa sekolah dasar.[owi]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *