Kepala PPPPTK Pimpin PCM Renovasi Gedung Perkantoran

Yogyakarta – Gedung perkantoran di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika tahun 2019 akan dilakukan renovasi, meliputi Gedung Euclid dan Gedung Newton. Untuk itu, Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., memimpin Pre Construction Meeting (PCM) /Rapat Pra Pelaksanaan Pekerjaan yang dihadiri oleh tim GTK, tim PPPPTK Matematika, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUPE) Yogyakarta, dan kontraktor pelaksana, pengawas, dan perencana di Aula Ki Hadjar Dewantara Lt. 1, Selasa (17 September 2019).

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-09-17 at 10.19.29 AM.jpeg
Kepala PPPPTK Matematika memimpin rapat pra pelaksanaan pekerjaan renovasi gedung perkantorann di Aula Ki Hadjar Dewantara Lt. 1, Selasa (17/08/2019).

Tujuan rapat tersebut adalah untuk menyamakan presepsi terhadap dokumen kontrak serta membuat kesepakatan terhadap hal-hal penting yang belum terdapat dalam dokumen kontrak maupun kemungkinan-kemungkinan kendala yang akan terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan agar pekerjaan dapat berjalan denngan lancar dan efektif.

Dalam rapat tersebut, Kepala PPPPTK Matematika meminta kepada CV. Muhammad Bagus Bintang Mulia (MB2M) sebagai kontraktor pelaksana untuk mengerjakan pekerjaan renovasi gedung perkantoran dengan tepat waktu dengan tetap menjaga kualitas pekerjaan sesuai dalam kontrak yang disepakati yaitu selama 90 hari. Nilai pekerjaan renovasi tersebut sebesar Rp 1.152.706.652,17.

Rapat tersebut juga mendengar masukan-masukan dari pengawas pekerjaan dan juga presentasi dari bagian perencanaan mengenai kondisi bangunan yang akan direnovasi. Saran dan usulan mengenai pekerjaan yang akan dilaksanakan selanjutnya menjadi catatan untuk dasar dan arah pelaksanaan pekerjaan. (RK)

Pengumuman Hasil Penjaringan Calon Peserta Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran Matematika Tahun 2019

Berdasarkan penilaian dari tim seleksi, kami umumkan hasil penjaringan peserta Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran Matematika Tahun 2019 sebagai berikut :

Jenjang SMP

Jenjang SMA

Kami ucapkan selamat kepada pendaftar yang lolos seleksi, undangan kegiatan akan disampaikan menyusul di p4tkmatematika.kemdikbud.go.id. Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pendaftar yang telah berpartisipasi.

Penanggung Jawab Kegiatan

Esti Sulastinah, S.H., M.Hum

Tunjukkan Kepedulian, Kepala PPPPTK Matematika Kunjungi Peserta Pelatihan yang Sakit

Makassar – Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., mengunjungi peserta pelatihan yang sempat tidak sadarkan diri dan dirawat di Rumah Sakit Grestelina Makassar, Sabtu (14/09/2019). Peserta yang dirawat tersebut bernama Donreka Entareng dari SMA 5 Halmahera Utara, Maluku Utara adalah peserta pelatihan Pembekalan Guru Inti Program PKP Region Makasar, di Hotel Grand Asia Makassar, tanggal 2 s.d. 8 September 2019. 

Kepala PPPPTK Matematika, Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd., mengunjungi peserta pelatihan GI, Donreka Entareng, yang sempat tidak sadarkan diri di RS. Grestelina Makassar, 14 September 2019.

Menurut keterangan yang diperoleh dari panitia pelaksana kegiatan, Donreka ditemukan tidak sadarkan diri di kamar hotel tempat pelaksanaan kegiatan pada tanggal 7 September 2019 pukul 13.30 WITA dan selanjutnya panitia membawa ke RS. Grestelina.  Dari hasil pemeriksaan awal oleh dokter UGD, terdeteksi tekanan darah 198/98 mmHg, gula darah 380 mg/DL, dan kolesterol 270 mg/DL. Selama 4 jam observasi tidak ada perubahan kemudian dokter mengambil tindakan CT Scan dan dinyatakan ada penyumbatan pembuluh darah di kepala namun tidak ditemukan pembuluh darah yang pecah. Berdasarkan kondisi tersebut, dokter memutuskan untuk merawat peserta tersebut di ruang ICU. 

Selanjutnya panitia menghubungi pihak keluarga untuk memberitahu kondisi Donreka yang sedang dirawat di ICU. Hari berikutnya tanggal 8 September 2019, suami peserta tersebut, Jayatirta Irano, datang dari Maluku Utara dan bertemu panitia untuk selanjutnya panitia menyerahkan sepenuhnya pendampingan perawatan kepada pihak keluarga. 

Selama perawatan peserta di ICU, panitia dan pihak keluarga rutin berkomunikasi memantau perkembangan Donreka. Pihak keluarga melaporkan bahwa pada tanggal 10 September 2019, pukul 11.28 WITA, Donreka sudah sadar dan menjalani proses perawatan untuk pemulihan kesehatan. 

Sebagai bentuk kepedulian, Kepala PPPPTK Matematika mengunjungi untuk melihat langsung kondisi terakhir dari peserta tersebut. Daswatia Astuty, mengatakan bahwa saat beliau mengunjungi kondisi kesehatan sudah mulai membaik dengan tensi normal sekitar 120 mmHg dan gula darah 120 mm/DL dan sudah diperbolehkan pulang jika sudah bisa menelan makanan dengan baik. (RK)

Ditjen GTK Salurkan Banpem pada Program PKP

Jakarta – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) melalui Unit Pelaksana Teknisnya termasuk PPPPTK Matematika menyalurkan Bantuan Pemerintah (Banpem) sebesar Rp30 juta untuk setiap rombongan belajar (rombel). Banpem ini peruntukkan bagi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Guru Berbasis Zonasi tahun 2019, yang direncanakan mulai disalurkan tanggal 15 September 2019.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-09-12 at 3.57.19 PM.jpeg
Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Penandatangan Perjanjian Kerjasama Banpem Program PKP di Jakarta.

Untuk itu sebelum penyaluran Banpem dilaksanakan, GTK mengadakan Rapat Koordinasi Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Bantuan Pemerintah Program PKP antara UPT Kemdikbud penyalur Banpem dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dari Sumatera, Bangka, Banten, Jawa Barat, dan NTT. Rakor digelar di Hotel Golden Boutique Angkasa Jakarta tanggal 10 s.d. 13 September 2019.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-09-12 at 2.52.41 PM.jpeg

Tim verifikasi Banpem PPPPTK Matematika sedang melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen Banpem dari Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi.

Dalam Rakor tersebut, PPPPTK Matematika mengirimkan tim verifikasi dokumen Banpem untuk memeriksa kelengkapan dokumen pendukung terhadap 117 sasaran Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi wilayah Sumatera, Bangka, Banten, dan Jawa barat. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam sambutan pembukaan Rakor mengatakan bahwa selama ini model pelatihan yang diselenggarakan oleh PPPPTK  boros karena mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengundang guru-guru ke PPPPTK. Muhadjir menyebutkan seharusnya yang dilatih di PPPPTK hanya guru-guru inti saja. 

“Pelatihan guru selanjutnya akan berbasis zonasi dalam rangka pemerataan mutu pendidikan, termasuk pemerataan mutu guru agar semua rakyat Indonesia dapat menikmati pendidikan yang bermutu.” Ungkap Muhadjir.

Tujuan program PKP berbasis zonasi adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher order Thinking Skills/HOTS).

Pelatihan PKP didisain selama 5 minggu dengan menggunakan moda In service learning (In) dan On the job learning (On) dengan pola 5 kali In dan 3 kali On. Total jam pelajaran (JP) yang ditempuh oleh peserta pelatihan sebanyak 82 JP yang terbagi ke dalam 52 JP pada In dan 30 JP pada On. Selama pelatihan peserta akan mempelajari 2 Unit Pembelajaran dan diakhir akan melakukan postes secara online. (RK)

Mahasiswa UAD Yogyakarta Eksplorasi Ilmu di PPPPTK Matematika

Yogyakarta, PPPPTK Matematika. Salah satu upaya untuk mengenalkan, menambah dan meningkatkan pengetahuan bagi calon guru SD, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta bekerjasama dengan PPPPTK Matematika mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Kegiatan ini diikuti sebanyak 109 mahasiswa Prodi PGSD semester tujuh.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dosen pembimbing, Hengkang Bara Saputra, S.Pd., M.Pd. yang berterima kasih kepada PPPPTK Matematika yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan Bimtek terkait dengan Media Alat Peraga Matematika, Pembelajaran Tematik, Problem Solving, dan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). 

Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., menyerahkan kenang-kenangan kepada dosen pendamping, Hengkang Bara Saputra, S.Pd., M.Pd.

Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK Matematika, Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A., menyambut langsung kedatangan peserta Bimtek. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tugas pokok dan fungsi PPPPTK Matematika dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru/pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Rachmadi juga menjelaskan bahwa untuk pelatihan guru jenjang SD ditangani oleh semua PPPPTK yang ada di Indonesia. 

Menurut Rachmadi, tataran pelatihan ada 3 jenis, yaitu: pre service learning, in service learning, dan on service learning. Dijelaskan bahwa kegiatan yang sedang diikuti oleh mahasiswa ini adalah masuk ke dalam jenis pre service learning.

Drs. Agus Suharjana, M.Pd. memberikan materi Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD di Ruang Lab. Media Alat Peraga Matematika

Melalui Bimtek ini, mahasiswa diharapkan mendapat pencerahan ilmu dari para widyaiswara PPPPTK Matematika. Pesan Rachmadi kepada peserta Bimtek agar nantinya menjadi pengajar yang tidak mekanistik, namun analitik untuk menuju pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS).

Tak lupa juga disampaikan kepada peserta Bimtek agar mengeksplorasi ilmu yang ada di PPPPTK Matematika untuk kemudian dielaborasi dengan ilmu atau media yang lain. Beliau juga berharap mahasiswa peserta Bimtek berkonsentrasi dengan maksimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mendapat ilmu yang menjadi inspirasi. (CS)

Pendaftaran PKB APBD bagi Guru Kelas SD dan Guru Matematika SMP/SMA

Berkaitan dengan program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), PPPPTK Matematika akan memfasilitasi pelaksanaan PKB bagi dinas pendidikan yang telah memiliki anggaran APBD untuk pelaksanaan PKB guru,  yaitu bagi guru kelas SD (Provinsi Jawa Tengah) dan Guru Matematika SMP dan SMA dari seluruh Indonesia.

Untuk itu, bagi Dinas Pendidikan yang akan melaksanakan dengan dana APBD disilahkan untuk mendaftar ke PPPPTK Matematika dengan memperhatikan persyaratan dan prosedur yang telah kami tetapkan. Syarat dan jadwal pendaftaran dapat dilihat pada Surat terlampir.

Untuk info lebih detail dapat menghubungi Samsul Bahri No HP 085727367447  atau M. Dwi Soufyanto No HP 085292233389 pada jam kerja Senin-Jumat pk. 08.00-16.00 WIB.

Penerimaan Artikel Jurnal IDEAL MathEDU Vol 6 No 2 Tahun 2019

Penerimaan artikel dibuka untuk publikasi ilmiah Jurnal IDEAL MathEDU Vol 6 No 2 Tahun 2019 bagi widyaiswara, PTP, guru kelas, guru matematika, kepala sekolah dan pengawas  dengan bidang kajian:

  • Kurikulum sekolah
  • Matematika sekolah (SD/SMP/SMA/SMK)
  • Manajemen pendidikan
  • Media pembelajaran
  • Penilaian pendidikan
  • Proses pembelajaran
  • Kebijakan pendidikan
  • Pendidikan untuk anak berkebutuhan Khusus
  • Pendidikan informal dan nonformal
  • Fasilitasi Pendidik/Tenaga Kependidikan
  • Bidang-bidang lain yang masih terkait pendidikan matematika

Penulis artikel agar melakukan registrasi dan mengirimkan artikel melalui http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/index. Artikel belum pernah dipublikasikan di media publikasi apapun. Jenis artikel dapat berupa hasil penelitian, pengembangan, maupun kajian literatur. Untuk artikel hasil penelitian, pelaksanaan penelitian tidak lebih dari dua tahun yang lalu. Penulis agar mengikuti Author Guidelines dan template penulisan yang ditetapkan.

Paling lambat pengiriman artikel 20 September 2019.

Template pengiriman artikel dapat diunduh di 

Contact Person:

1. Lestari Budi Atik (085101591707)

2. Rina Kusumayanti (08112578112)

Pengumuman Seleksi Peserta ISMaTeL 2019

Berdasarkan proses hasil seleksi yang dilakukan oleh panitia, maka dengan ini diumumkan daftar 100 nama peserta International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL) melalui jalur pendaftaran online. Info lebih detail silahkan klik link di bawah ini.

Kami ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah lolos seleksi dan kami tunggu kehadirannya pada acara ISMaTeL  di PPPPTK Matematika.

Penjaringan Calon Peserta Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran Matematika Tahun 2019

Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan matematika melalui perbaikan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, PPPPTK Matematika melaksanakan program terpadu yang meliputi pengembangan kompetensi diri, penguatan daya inovasi, dan pengembangan kompetensi publikasi karya ilmiah. Salah satu dari program terpadu tersebut adalah Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran Matematika untuk jenjang SMP dan SMA. Pelatihan Literasi Penulisan artikel pembelajaran dan artikel matematika ini merupakan bagian dari pengembangan profesi guru, dengan persyaratan rekruitmen peserta yang lebih selektif mengarah kepada tujuan pelaksanaan Literasi Menulis. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

No Kegiatan Tempat Pelaksanaan Jumlah Peserta Waktu Pelaksanaan
1 Penjaringan Peserta Online Sesuai Pendaftar 21 Agustus s.d. 8 September 2019
2 Seleksi Peserta PPPPTK Matematika Yogyakarta Sesuai Pendaftar 9 s.d. 13 September 2019
3 Pengumuman Online 25 guru SMP 25 guru SMA 16 September 2019
4 Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran Matematika Tahun 2019 PPPPTK Matematika Yogyakarta 25 guru SMP 25 guru SMA 23 s.d. 27 September 2019

1. Tahapan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu Rekruitmen dan Pelatihan (25 orang / 1 kelas).

  • Rekruitmen
    Proses rekruitmen dilaksanakan secara terbuka di website PPPPTK Matematika selama 3 minggu. Selanjutnya dilakukan seleksi selama 1 minggu.
  • Pelatihan
    Pelatihan dilaksanakan dengan pola 35 JP selama 5 hari. Lima puluh orang (25 x 2) orang, yang terdiri dari Guru Matematika SMP dan SMA yang terbagi menjadi satu kelas masing-masing 25 orang.

Pelatihan dilaksanakan dengan pola 35 JP selama 5 hari. Lima puluh orang (25 x 2) orang, yang terdiri dari Guru Matematika SMP dan SMA yang terbagi menjadi satu kelas masing-masing 25 orang.

2. Persyaratan

Kriteria peserta Pelatihan Literasi Penulisan Artikel Pembelajaran Matematika sebagai berikut:

  • Guru Matematika SMP/SMA atau yang sederajat,
  • Aktif di MGMP,
  • Belum pernah mengikuti seluruh jenis pelatihan/ONIP/pemakalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNDiMat) yang pernah diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika dalam 3 tahun terakhir,
  • Sanggup mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan, yaitu : 35 jp (5 hari),
  • Sanggup melakukan pengimbasan kepada teman sejawat di MGMP.

3. Prosedur pendaftaran:

Setelah formulir diisi kemudian disimpan dengan nama berkas:

Nama_Sekolah_Kabupaten/Kota_Provinsi_Literasi2019_Artikel

Contoh : Yuni_SMAN 1 Godean_Kab. Sleman_DIY_Literasi2019_Artikel

  • Membuat surat kesanggupan calon peserta Pelatihan Literasi Penulisan Artikel

Pembelajaran Matematika Tahun 2019 sesuai format terlampir.  [DOWNLOAD SURAT KESANGGUPAN].

Setelah surat kesanggupan  diisi kemudian dipindai dan disimpan dengan nama berkas:

Nama_Sekolah_Kabupaten/Kota_Provinsi_Lietrasi2019_Kesanggupan

contoh : Yuni_SMAN 1 Godean_Kab. Sleman_DIY_Literasi2019_Kesanggupan

  • Mengisi surat pernyataan aktif di MGMP Matematika yang diketahui Kepala Sekolah dan disahkan oleh Ketua MGMP Matematika. [DOWNLOAD SURAT KETERANGAN AKTIF MGMP]. Setelah surat pernyataan  diisi kemudian dipindai dan disimpan dengan nama berkas : Nama_Sekolah__Kabupaten/Kota_Provinsi_Literasi2019_MGMP

contoh : Yuni_SMAN 1 Godean_Kab. Sleman_DIY_Literasi2019_MGMP

  • Mengunggah rancangan artikel, surat kesanggupan, dan surat pernyataan aktif di MGMP  pada kolom yang disediakan saat mengisi formulir daring paling lambat tanggal 8 September 2019.
  • Mengisi formulir pendaftaran secara daring. [tautan FORMULIR ONLINE], disarankan login akun gmail terlebih dahulu.

Pendaftar yang memenuhi persyaratan dan lulus seleksi, akan dipanggil untuk mengikuti pelatihan dengan biaya dari Anggaran PPPPTK Matematika tahun 2019.

Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 16 September 2019.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung kami :

  • Umi Rohmiyatun (085228020686)
  • Lestari Budiati  (085101591707)

Tingkatkan Layanan Publik di DIY, Kemdikbud Resmikan Unit Layanan Terpadu di PPPPTK Matematika

Yogyakarta –  Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta secara resmi dilaunching, Senin (12/08/2019) oleh Kepala PPPPTK Matematika sekaligus koordinator UPT Kemdikbud DIY, Daswatia Astuty.

ULT ini dibentuk oleh sebelas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud DIY dengan berkedudukan di PPPPTK Matematika. Fungsi ULT ini adalah tujuan untuk memberikan layanan kepada pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayan serta masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, menyampaikan aspirasi atau pengaduan, dan pengurusan perijinan, serta jenis layanan lainnya.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-08-12 at 2.02.05 PM.jpeg
Kepala PPPPTK Matematika bersama perwakilan dari seluruh UTP Kemdikbud DIY bersama-sama memotong pita tanda peresmian ULT Kemdikbud di DIY.

Dalam acara launching yang dihadiri oleh sebagian besar guru tersebut, Daswatia mengatakan dengan adanya ULT Kemdikbud DIY ini diharapkan akan mewujudkan proses pelayanan yang cepat dan mudah tanpa harus mengurus langsung ke Kemdikbud di Jakarta.

Salah seorang guru SMKN 6 Yogyakarta, Wiwik Indrayani menyatakan sangat senang dengan keberadaan ULT Kemdikbud DIY. “Dulu saya selalu ke Jakarta untuk mengurus Dapodik. Dengan adanya ULT Kemdikbud ini sangat membantu sekali sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta dan mengeluarkan biaya transportasi yang mahal,” katanya.

E:\DOWNLOADS\WhatsApp Image 2019-08-12 at 12.32.43 PM.jpeg
Petugas ULT sedang memberikan layanan informasi kepada guru.

 Ada 14 jenis layanan yang bisa diurus di ULT Kemdikbud DIY, yaitu: permohonan informasi, pengaduan, layanan diklat berbasis kerjasama, kunjungan museum, BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Bahasa Asing), Ahli Bahasa, Perpustakaan, UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), Bioskop Keliling (Bioling), Perizinan dan Pengembangan, Kemitraan Radiio Edukasi, Fasilitasi Kunjungan, Kunjungan, dan Penyewaan Fasilitas. (RK)