Oleh : Fadjar Shadiq, M.App.Sc.
Alat peraga sangat penting untuk membantu siswa memahami ide-ide matematika yang bersifat abstrak. Terutama untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Menurut Bruner, proses pembelajaran sebaiknya menggunakan tiga tahap, yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik; sehingga melalui tiga tahap tersebut proses pembelajarannya menjadi optimal.
Mohon dikirim buku petunjuk pembuatan alat praga SMP. Tks
ya bu,akan kami usahakan untuk kami informasikan kembali. terima kasih
selamat malam,
saya ingin bertanya, saya dan teman – teman saya mencoba memodifikasi alat peraga penjumlahan dan penguragan agar dapat memudahkan pemahaman konsep tersebut kepada siswa. Alat peraga tersebut sudah kami gunakan dalam pembelajaran dan dapat membantu meningkatkan kemampuan hitung siswa. apakah saya dan rekan – rekan saya boleh mengirimkan artikel tentang alat peraga ke web pppptk, untuk publikasi?
Terimakasih
Silakan pilih mau dikirim ke
1. ONIP : http://onip.p4tkmatematika.org/
2. Sendimat : http://sendimat.p4tkmatematika.org/
3. Jurnal Online : http://p4tkmatematika.org/2014/08/jurnal-online/