(oleh : Dra.Th.Widyantini,M.Si)
Menurut Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006, ruang lingkup mata pelajaran matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek bilangan, geometri dan pengukuran serta pengolahan data. Untuk aspek pengolahan data diberikan kepada siswa sekolah dasar pada kelas VI semester satu dan dua. Adapun standar kompetensi yang diharapkan akan dicapai oleh siswa adalah mengumpulkan dan mengolah data serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. Sedangkan 7 kompetensi dasar yang akan dicapai yaitu mengumpulkan dan membaca data, mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel, menafsirkan sajian data, menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran, menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data, mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah serta menafsirkan hasil pengolahan data.
download file artikel “apa bedanya membaca data dan menafsirkan data”
Mengajarkan materi ini sering kesulitan mengajarkannya pada bagian diagram lingkaran. Walaupun siswa sudah mengerti namu cepat lupa.
soal cerita sebetulnya paling mudah dikerjakan. namun kebanyakan siswa paling tidak bisa. setelah saya telaah semuanya ada pada masalah konsep berhitung dasar yang sering diajarkan melalui berbagai drill angka murni.
ohya ada metode baru penyelesaian pembagian bersusun yang NON POROGAPIT.
silahkan dipelajari pada link ini:
http://kalkulatordakon.wordpress.com/2012/09/29/3