Home » ARTIKEL » Apa bedanya “membaca data” dan “menafsirkan data” dalam aspek Pengolahan Data pada Mata Pelajaran Matematika di SD/MI

Apa bedanya “membaca data” dan “menafsirkan data” dalam aspek Pengolahan Data pada Mata Pelajaran Matematika di SD/MI

 

(oleh : Dra.Th.Widyantini,M.Si)

Menurut Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006, ruang lingkup mata pelajaran matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek bilangan, geometri dan pengukuran serta pengolahan data.  Untuk aspek pengolahan data diberikan kepada siswa sekolah dasar pada kelas VI  semester satu  dan dua. Adapun standar kompetensi yang diharapkan akan dicapai oleh siswa adalah mengumpulkan dan mengolah data serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.  Sedangkan 7  kompetensi dasar yang akan dicapai  yaitu mengumpulkan dan membaca data, mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel, menafsirkan sajian data, menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran, menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data, mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah serta menafsirkan hasil pengolahan data.

download file artikel “apa bedanya membaca data dan menafsirkan data”


2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *