Home » ARTIKEL » Matematika Pada Konstruksi Gitar

Matematika Pada Konstruksi Gitar

Oleh : Amini

Matematika memegang peranan penting dan mendasar untuk berbagai jenis pekerjaan dan aktifitas sehari-hari. Matematika terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam berbagai aktifitas tersebut. Mulai dari hal-hal yang sederhana sampai hal-hal yang rumit. Transaksi jual beli, memasak, dll.

Salah satu profesi yang membutuhkan ilmu matematika di dalamnya adalah luthier. Kata luthier berasal dari Perancis kata Luth, yang berarti “kecapi“.Luthier adalah seorang yang ahli dalam bidang alat music berdawai, mencakup kecapi, rebab, gitar (akustik dan elektrik), biola, cello, bass dan alat music dawai/senar lainnya. Seorang luthier, tidak hanya ahli membuat alat musik, tapi juga ahli dalam memainkannya, menguji, bereksperimen dan menerangkan dengan jelas apa saja yang dilakukan dalam pekerjaannya.

Seorang luthier dari Maton Guitars, David Pulter mengatakan bahwa matematika membantu memperlancar pekerjaannya sehari-hari. Perpaduan sempurna antara music dan ilmu matematika menghasilkan desain yang unik untuk masing-masing gitar. Dan masing-masing gitar tersebut mempunyai cirri khas tersendiri. Sehingga suara yang dihasilkan pun berbeda.


Download artikel Matematika pada konstruksi gitar



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *