Unit Mathematics Playground, dikenal dengan nama Playground, merupakan unit penunjang kegiatan akademis di PPPPTK Matematika yang mempunyai fungsi utama melakukan pengembangan dan pengkajian matematika dari sisi rekreatifnya, sehingga topik-topik matematika menjadi lebih menyenangkan. Fungsi utama tersebut dijabarkan dalam tugas yang lebih rinci yaitu:
- Mengembangkan model permainan matematika dan rekreasi matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika
- Melaksanakan pelayanan dan bimbingan teknis bagi guru, mahasiswa, atau pihak lain mengenai rekreasi matematika.
Dalam rangka menunjang fungsi utamanya tersebut Playground memiliki beberapa sarana yang dapat dimanfaatkan untuk aktifitas rekreasi matematika, antara lain: Sepasang gedung kembar berbentuk octagon. Satu gedung sebagai ruang display dan ruang kelas, sedangkan gedung yang lain sebagai ruang multimedia dan ruang kelas multimedia. Area outdoor yang berisi jembatan Konigsberg, labirin, dan bak pasir yang semuanya dimaksudkan sebagai media permainan matematika secara outdoor. Seluruh sarana tersebut menempati area seluas 2500 m2.
Beberapa aktifitas/topik-topik matematika yang bisa dieksplorasi di Playground:
No. | Materi | Isi |
1 | Matematika di Alam | Problem Kelinci, Problem Dekomposisi Bilangan Asli, Problem Lintasan Lebah, Golden section. |
2 | Bilangan dan Aljabar | Bilangan Sempurna, Bilangan Bersahabat, Konstanta Krapekar, Tebak Tanggal Lahir, Permainan ?, Teka-Teki Timbangan, Ambil Permen Terakhir, Problem Tumpukan Balok, Tetrahedron Ajaib. |
3 | Geometri | Pengubinan-pengubinan unik, Origami bidang datar dan bangun ruang, Archimedian Solid (disertai Maple), Roda Tidak Bulat , Kubus Misteri, Problem lintasan terpendek, Problem Steiner (jalur dengan total panjang minimal), Roda tidak bulat, Pembuatan kompor matahari tanpa rumus. |
4 | Eksplorasi dan Problem Solving Game | Light’s Out Puzzle, Algoritma Labirin, Icosian Game, Kubus Soma, macam-macam puzzle 3 dimensi, Permainan lepas benang, Tchuka Ruma (congklak untuk 1 orang), vanishing Leprechaun, Jembatan Konigsberg. |
5 | Matematika Komputasi | Eksplorasi Mathemagical Black Hole dengan bantuan ms. Excel |
Eksplorasi Konstanta Unik dengan Excel | ||
Solusi tetrahedron ajaib dengan bantuan Maple. | ||
Kurva Cantik dengan bantuan Graph | ||
6 | Game Komputer dan Multimedia | Level 1: |
Game Komputer dan pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika | ||
Level 2: | ||
Membuat game matematika sederhana dengan PPt, Geogebra, GameMaker, atau Flash |
Beberapa alat permainan yang tersedia di Playground: | ||
No. | Nama Alat | |
1 | Loncat Katak-papan | |
2 | Logiko | |
3 | Luas Selimut Bola (versi alas kerucut) | |
4 | Menara hanoi | |
5 | Model Bangun Ruang Archimedian | |
6 | Model Bangun Ruang Platonik | |
7 | Pencerminan Gambar Model I | |
8 | Volum Bola Takaran Chavalieri | |
9 | Kapak Tomahawk | |
10 | Kartu Ajaib A | |
11 | Kubus Paradoks | |
12 | Pantulan Ellips | |
13 | Pantulan Parabola | |
14 | Segitiga Paradoks | |
15 | Apollo Kecil | |
16 | Hilang Leprechaun | |
17 | Jembatan Konigsberg | |
18 | Kartu Angka-Gambar 1-5 | |
19 | Kartu Angka-Gambar 6-10 | |
20 | Kartu Fungsi | |
21 | Kartu Pecahan Senilai | |
22 | Kartu Simetri | |
23 | Permainan Go-Out | |
24 | Permainan Hilang (2 jenis) | |
25 | Permainan L | |
26 | Telusur Poligon Bintang | |
27 | Tetrahedron Ajaib | |
28 | Tetranet | |
29 | Pentomino | |
30 | Gambar Tak-Lazim | |
31 | Gambar-gambar Gabungan | |
32 | Gambar-gambar Ilusi Optik | |
33 | Gambar-gambar Paradoks | |
34 | Model Ambigram | |
35 | Pengubinan Tak-Lazim | |
36 | Paradoks Bilangan | |
37 | Paradoks Geometri | |
38 | Paradoks Induksi Matematik | |
39 | Paradoks Kalkulus | |
40 | Paradoks Logika | |
41 | Paradoks probabilitas | |
42 | Asal-usul Simbol Matematika | |
43 | Catatan Matematika Kuno | |
44 | Konversi Tanggal dan Hari Biasa | |
45 | Konversi Tanggal dan Hari Pasaran | |
46 | Kronologis Bilangan Pi | |
47 | Sejarah Topik Matematika | |
48 | Tetris | |
49 | Pyramid | |
50 | Rantai 3 Kait | |
51 | Tabung Urai | |
52 | Tantangan | |
53 | Tetris Balok | |
54 | Uxu Bulat | |
55 | Uxu Kotak | |
56 | Kotak 8 | |
57 | Kubus Misteri | |
58 | Kubus Renteng | |
59 | Kubus Urai | |
60 | Kunci 6 ‘S’ | |
61 | Kunci 9 Kotak | |
62 | Lepas benang | |
63 | Oval Besar | |
Untuk berkomunikasi dengan Playground bisa menghubungi nomor telpon 0274-881717 ekstensi 283. |
Banyak sekali permainan matematika yang disiapkan oleh unit Playground matematika P4TK Jogya, dan itu sangat bermanfaat bagi pengembangan pola pikir anak tentang matematika terutama dari sisi rekreasi (bermain sambil belajar). Yang ingin saya tanyakan apakah tidak ada diklat khusus tentang hal itu, sebab di sekolah – sekolah rasanya belum banyak pembelajaran matematika yg dilaksanakn dalam bentuk rekeasi (permainan), bahkan mungkin belum ada sama sekali. Mohon untuk P4TK matematika Jogya supaya bisa mengadakan Diklat kuhus tentang Permainan dan rekreasi matematika tersebut. Dan kalau itu dilaksanakan tolong dipanggil juga guru – guru dari daerah, terutama daerah yg jauh dari pusat kota karena memang di sana tidak ada sarana untuk menunjang kegiatan tersebut…terimakasih.
Thanks for join me in Qitep Mathematict in jogyakarta
have a nice fun
oc oc p4tk matematika kembangkan terus kreasimu… aq juga mau looo ikutan mengembangkan di daerah dari sekecil apapun ujudnya ak akan tiru kretivitasmu semua itu karena para dosennya juga canggih
Semakin disadari, kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika dan rasa takut terhadap pelajaran matematika 99 % kesalahan guru.
tlong di share model game mtk di play ground u memudahkan pembelajaran mtk di luar alumni p4tk. syukron
semakin cintanya aku sama mengajar
apalagi bila mengajar matapelajaran matematika
terima kasih P4TK matematika 🙂
Trimks…p4tk kami sering buka web ini tuk nambah pengetahuan pemblajaran matematika sangat bermanfaat…Key