Penulis Drs. Markaban, M.Si
Proses pembelajaran dapat diikuti dengan baik dan menarik perhatian siswa apabila menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan sesuai dengan materi pembelajaran. Oleh karena itu pembelajaraan matematika harus didasarkan atas karakteristik matematika dan siswa itu sendiri. Menurut Fruedenthal,“…. mathematics as a human activity. Education should give students the “guided” opportunity to“ re-invent” mathematics by doing it”. Ini sesuai dengan pilar-pilar belajar yang ada dalam kurikulum pendidikan kita.
Salah satu pilar belajar adalah “belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan” (lampiran Permendiknas No. 22 tahun 2006). Untuk itu, dalam pembelajaran matematika guru harus mampu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran dan mengurangi kecenderungan guru untuk mendominasi proses pembelajaran tersebut, sehingga ada perubahan dalam hal pembelajaran matematika yaitu dari pembelajaran yang terpusat pada guru diubah menjadi pembelajaran terpusat pada siswa agar kemampuan kognitif siswa SMK dapat berkembang dan kemampuan mengkomunikasikan matematika serta ketrampilan sosial meningkat. Salah satu alternatif untuk mengubah pembelajaran tersebut yakni dengan model pembelajaran dengan cara penemuan terbimbing sesuai dengan karakteristik siswa SMK.
Download ebook Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK
Download alternatif:
Mohon masukan dan saran perbaikan paket fasilitasi KKG MGMP Matematika ini. Silahkan mengirim komentar di form di bawah ini.
Paket modul ini dapat disebarluaskan untuk kepentingan non-komersial dengan mencantumkan sumber asli p4tkmatematika.com
Daftar Lengkap Fasilitasi KKG MGMP Matematika
Saya senang sekali dengan lembaga ini, kalau bisa mohon tulisan atau modul begini tolong kirimkan melalui alamat e-mail saya ini. sebab kami tidak punya kesempatan untuk menghadiri pelatihan atau pembimbingan teknis seperti kemarin dilaksanakan dimakasar itu. Saya berharap kalau ada pelatihan seperti itu tolong kirin materi atau melalui alamt email yang ada
Dari Guru Matematika SMK Negeri Wamena
Jayawijaya
dengan banyak membaca akan menambah pengetahuan, maju terus p4tk jogja…. mgmp matematika kab. pacitan pingin sekali kesana .. yusuf rachmat smk n. 3 pacitan
Kegiatan ini sangat sangat membantu sekali pada guru-guru yang berlatar belakang pendidikan matematika maupun para guru-guru non eksata tapi mempunyai minat dalam pelajaran matematika. Kami sangat mengharapkan kepada panitia kegiatan P4tk yang baru-baru dipusatkan di Makasar dari 9 sampai tanggal 16 itu diharapkan kepada pengurus di Yogya dan kerja kepada teman-teman dimakasar tolong perhatikan quota dari setiap propinsi dan kabupaten kalau bisa kegiatan berikutnya peserta dari setiap kabupaten di Indonesia timur ini diambil lebih dari satu kah. Atau alternatif lain pusatkan provinsi Papua ka supaya kami di Papua bisa ambil bagian atau dapat jata dalam pelatihan tersebut. Barang itu saja dari kami, semoga keberadaan lembaga pelatihan ini semakin semakin jaya.
Dari, MG
terimakasih, kalau bisa mohon petunjuknya agar kami guru SMK di Palembang juga punya MGMP matematika, mengingat buku-buku SMK masih sedikit yang bisa pas tuk di pake
p4tk matematika terima kasih banyak informasi yang saya dapat, maju terus demi kepentingan anak bangsa
saya alumni p4tk mat untuk diklat guru inti tahab 2 mohon informasi untuk UKA terima kasih