Home » Pelaksanaan Gerakan AJarMat » Pelaksanaan Gerakan AJarMat Jangka Pendek

Recent Comments

    Statictics

    Pelaksanaan Gerakan AJarMat Jangka Pendek

    Pelaksanaan rintisan gerakan Ajarmat diawali dengan proses tahap persiapan dan tahap pelaksanaan sebagaiman pada skema berikut ini.Tahap persiapan meliputi: pembentukan Tim Efektif, Focus Group Discussion/FGD, workshop penyusunan bahan, reviu dan uji keterbacaan, layout & finishing,uji coba terbatas, dan revisi.

    Sedangkan untuk tahap pelaksanaan dimulai denga seleksi oleh tim PPPPTK Matematika, pemanggilan, pembekalan kader inti gerakan AjarMat oleh Widyaiswara PPPPTK Matematika dan narasumber yang kompeten. Kader dipilih dari alumi pelatihan guru SD yang memiliki kompetensi, komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam peningkatan mutu pendidikan matematika. Setelah itu kader akan terjun ke masyarakat di kabupaten Sleman dan kota Yogyakarta untuk menyosialisasikan gerakan AjarMat.

    Rincian pelaksanaan masing-masing kegiatan sebagai berikut.

    1. Pembekalan Kader Inti AjarMat

    Kepala PPPPTK Matematika sedang membuka Pembekalan Kader Gerakan AJarMat

    Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan bagi kader-kader AjarMat yang disiapkan melakukan rintisan/ujicoba terbatas Gerakan AjarMat.
    Waktu : 9 – 11 Juli 2019
    Tempat : PPPPTK Matematika
    Peserta : 30 orang guru SD alumni pelatihan guru SD yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika (6 orang dari masing-masing kabupaten/kota di provinsi DI Yogyakarta)

    D:\SKP\2019\07\AJarMat\190709-11 Pembekalan AJarMat\WhatsApp Image 2019-07-10 at 11.46.00 (2).jpeg
    Kepala Bidang Program dan Informasi sedang menjelaskan mekanisme pelaksanan Gerakan AJarMat

    Pembekalan Kader Inti menggunakan pola 20 jp dengan struktur program sebagai berikut.

    Tabel 3.1. Struktur Program Pembekalan Kader Inti

    No Materi Jumlah Jam Nara Sumber
    1 Kebijakan PPPPTK Matematika dalam Pelaksanaan Gerakan AjarMat Tahun 2019 2 Kapus/Kabid
    2 Strategi dan Psikologi Sosial dalam Pengimbasan Gerakan AjarMat 2 Narasumber
    3 Gambaran Umum Gerakan AjarMat 2 Kabid Program dan Informasi
    4 Overview Juknis AjarMat   1 Kabid Fasilitasi Peningkatan Kompetensi
    5 Telaah Buku Saku AjarMat: Matematika Itu Menyenangkan Apa Itu Matematika? Mengapa Anak Perlu Belajar Matematika Tiap Anak Bisa Belajar Matematika Bagaimana Mendampingi Anak Belajar Matematika Praktik Baik Belajar Matematika 12 Widyaiswara PPPPTK Matematika
    6 Tindak Lanjut Pembekalan 1 Kabid Program dan Informasi
      JUMLAH 20  
    D:\SKP\2019\07\AJarMat\190709-11 Pembekalan AJarMat\WhatsApp Image 2019-07-10 at 11.46.00.jpeg
    Satrio Widodo, Widyaiswara Madya Pusdiklat Pegawai Kemdikbud sedang memaparkan Strategi dan Psikologi Sosial dalam Pengimbasan Gerakan AjarMat

    Kegiatan pembekalan kader inti AjarMat dijadwalkan pada tanggal dan waktu yang termuat pada tabel 3.2.

    Tabel 3.2. Jadwal Kegiatan Pembekalan Kader Inti

    No. Waktu Selasa, 9 Juli 2019 Rabu, 10 Juli 2019 Kamis, 11 Juli 2019
    Materi Penyaji Materi Penyaji Materi Penyaji
    1. 08.00–08.45 Regist
    Pembukaan
    Panitia
    Kapus
    5B Widyaiswara 5F Widyaiswara
    2. 08.45–09.30 1 Kapus/ Kabid 5C Widyaiswara 5F Widyaiswara
    3. 09.30–10.15 1 Kapus/ Kabid 5D Widyaiswara 6 Kabid PI
      10.15–10.30 ISTIRAHAT Penutupan
    4. 10.30–11.15 2 Narsum 5E Widyaiswara    
    5. 11.15–12.00 2 Narsum 5E Widyaiswara    
      12.00–13.30 ISTIRAHAT
    6. 13.30–14.15 3 Kabid PI 5F Widyaiswara    
    7. 14.15–15.00 3 Kabid PI 5F Widyaiswara    
      15.00–15.30 ISTIRAHAT
    8. 15.30–16.15 4 Kabid FPK 5F Widyaiswara    
    9 16.15–17.00 5A Widyaiswara 5F Widyaiswara    
    10 17.0 – 08.00 ISTIRAHAT

    Keterangan:

    1. Kebijakan PPPPTK Matematika dalam Pelaksanaan Gerakan AjarMat Tahun 2019
    2. Strategi dan Psikologi Sosial dalam Pengimbasan Gerakan AjarMat
    3. Gambaran Umum Gerakan AjarMat
    4. Overview Juknis AjarMat
    5. Telaah Buku Saku AjarMat
    6. Tindak Lanjut Pembekalan

    A. Pelaksanaan uji coba terbatas/rintisan gerakan AjarMat

    Kegiatan ujicoba terbatas dilakukan di 9 lokasi di Kota Yogyakarta dan 9 lokasi di Kabupaten Sleman, melibatkan kader Gerakan AjarMat. Pelaksanaan uji coba selama 3 hari dalam rentang tanggal 15 s.d. 20 Juli 2019, dengan skenario sebagai berikut.

    Tabel 3.3. Skenario Kegiatan Uji Coba Terbatas/Rintisan Gerakan AjarMat di Kabupaten Sleman

    Tanggal Tim 1 Tim 2 Tim 3
    (2 orang: 1 Kader Utama dan 1 Kader Inti) (2 orang: 1 Kader Utama dan 1 Kader Inti) (2 orang: 1 Kader Utama dan 1 Kader Inti)
    15 Juli 2019 Salah satu sekolah dari Kader AJarMat (2 orang: 1 Kader Utama dan 1 Kader Inti) (2 orang: 1 Kader Utama dan 1 Kader Inti)
    17 Juli 2019 SKB Kab. Sleman di Berbah Taman Bacaan Masyarakat Kab. Sleman Jam Belajar Masyarakat Kembang Madurejo Prambanan Sleman
    19 Juli 2019 Pusat Kegiatan Masyarakat Kab. Sleman Dasa Wisma RT 02 Tegaldonon Moyudan Sleman Jam Belajar Masyarakat Melikan Sumberharjo Prambanan Sleman

    Tempat uji coba disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada dari para alumni mislanya: keterjangkauan jarak lokasi dengan domisili, serta keaktifan forum/komunitas masyarakat. . Beberapa tempat berikut ini menjadi alternatif tempat ujicoba yang akan dipilih.

    1. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab. Sleman di Berbah
    2. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kab. Sleman
    3. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  Kota Yogya
    4. Taman Bacaan Masyarakat di Kab. Sleman
    5. Jam Belajar Masyarakat Kembang Madurejo Prambanan Sleman
    6. Jam Belajar Masyarakat Melikan Sumberharjo Prambanan Sleman
    7. Komite Sekolah/Paguyuban Wali Murid SD
    8. Komite/Paguyuban Kejar Paket ABC
    9. Dasa Wisma RT 2 Tegaldonon Kec. Moyudan Sleman
    10. Taman Pendidikan Al Qur’an Pendowoharjo Kab. Sleman

    Sewaktu pelaksanaan rintisan/uji coba gerakan AjarMat, para kader akan melaksanakan skenario kegiatan pada tabel 3.5

    Tabel 3.5. Skenario Kegiatan Ujicoba Terbatas

    WAKTU URAIAN KEGIATAN PENYAJI KETERANGAN
    15 menit Perkenalan timGambaran sekilas PPPPTK MatematikaGambaran umum kegiatan AjarMat Kader AjarMat Dapat menggunakan LCD, video, atau flip chart disesuai-kan dengan kon-disi yang ada.
    90 menit Penyampaian materi buku saku Kader AjarMat Menggunakan alat peraga, permainan, lagu-lagu dan lain-lain yang  disajikan dengan berbagai metode.
    15 menit Refleksi dan evaluasi kegiatan Kader AjarMat Instrumen Monev

    Kegiatan implementasi terbatas Gerakan AjarMat dilaksanankan di beberapa tempat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada 13 Juli 2019, implementasi terbatas diselenggarakan di Forum Orang Tua Siswa SD Negeri Prambanan bertempat di SD Negeri Prambanan. Terlihat sejumlah puluhan orang tua siswa hadir di acara ini.


    Marjimun dan M Arif Nugroho, dua kader Gerakan AjarMat dengan bersemangat memfasilitasi para peserta tentang bagaimana membimbing siswa belajar matematika di rumah. Kepada orang tua siswa peserta kegiatan diberikan buku saku Gerakan Ajarmat yang berisi berbagai aktifitas pendampingan belajar matematika. Dengan antusias peserta melakukan simulasi isi buku saku.

    Implementasi Gerakan AjarMat di Prambanan: Peserta sedang mendengarkan penjelasan fasilitator dengan antusias

    B. Workshop evaluasi dan pelaporan hasil uji coba terbatas/rintisan

    Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi kendala pelaksanaan uji coba Gerakan AjarMat sebagai bahan penyempurnaan juknis, buku saku, dan leaflet. Selain itu, workshop ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi kendala pelaksanaan Gerakan AjarMat sebagai bahan masukan untuk peningkatan gerakan yang lebih luas pada jangka menengah. Workshop diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 22 s.d. 24 Juli 2019 dan diikuti oleh 10 peserta dari PPPPTK Matematika dan 11 peserta dari luar PPPPTK Matematika.

    C. Sertifikasi

    PPPPTK Matematika memberikan sertifikat kepada peserta kegiatan Pembekalan Kader Inti yang menghadiri minimal 95% kegiatan, memiliki keterampilan minimal baik, disiplin dan bersikap minimal baik. Kader yang melaksanakan uji coba/rintisan gerakan AjarMat akan mendapatkan surat keterangan telah melaksanakan gerakan uji coba/rintisan gerakan AjarMat.

    D. Peran Pemangku Kepentingan

    1. PPPPTK Matematika

    PPPPTK Matematika merupakan inisiator dan fasilitator dari gerakan ini. Peran PPPPTK Matematika dalam gerakan AjarMat adalah sebagai berikut.

    • Melakukan perencanaan program dan anggaran untuk Gerakan AjarMat.
    • Menyiapkan bahan-bahan pendampingan dan sosialisasi berupa juknis, buku saku dan leaflet.
    • Menyiapkan 30 orang kader yang memiliki kompetensi, komitmen, dan dedikasi terhadap peningkatan mutu pendidikan matematika. Kader merupakan alumni pelatihan guru jenjang SD dan peserta kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika.
    • Melakukan koordinasi dengan Disdik provinsi/kabupaten/kota dan BP PAUD Dikmas dari Daerah Istimewa Yogyakarta terkait rencana pelaksanaan Gerakan AjarMat.
    • Menyusun skenario dan menyiapkan penganggaran untuk pelaksanaan ujicoba gerakan AjarMat.
    • Melakukan evaluasi pelaksanaan uji coba/rintisan Gerakan AjarMat.
    • Memperluas gerakan AjarMat dengan menggunakan berbagai alternatif kegiatan.

    2. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota

    • Memfasilitasi pelaksanaan gerakan AjarMat dengan memberikan ijin dan penugasan kepada guru-guru/alumni yang merupakan kader gerakan AjarMat.
    • Memberikan ijin pelaksanaan implementasi gerakan AjarMat di lokus-lokus yang ditetapkan oleh PPPPTK Matematika, khususnya lokus-lokus yang berada di bawah koordinasi BP PAUD Dikmas dan Bidang SD Disdik Kab/Kota.
    • Berpartisipasi dalam berbagai kesempatan untuk mengkampanyekan Gerakan AJarMat.

    3. Kepala Sekolah

    Peran Kepala Sekolah dalam gerakan ini adalah:

    • Memfasilitasi pelaksanaan gerakan AjarMat dalam hal penugasan guru-guru yang terlibat.
    • Memberikan izin penggunaaan tempat untuk pelaksanaan AjarMat.
    • Mengundang komite wali murid untuk hadir dalam implementasi AjarMat berdasarkan surat yang dikirimkan oleh PPPPTK Matematika kepada Kepala Sekolah dengan tembusan ke Disdik Kabupaten/Kota.
    • Berpartisipasi dalam berbagai kesempatan untuk mengkampanyekan Gerakan AJarMat

    4. Pemerintah Desa/Kelurahan

    • Membantu menyosialisasikan gerakan AjarMat.
    • Memfasilitasi tempat di kelompok-kelompok masyarakat sebagai sasaran pelaksanaan gerakan AjarMat.