Home » Gambaran Umum » Prinsip Gerakan Ajarmat

Recent Comments

    Statictics

    Prinsip Gerakan Ajarmat

    Sebagai sebuah Gerakan, maka prinsip yang dikembangkan dalam pelaksanaan Gerakan AJarMat adalah  sebagai berikut:

    1. Bersifat ajakan dan penyadaran, yakni mengajak dan menyadarkan akan pentingnya pembelajaran matematika, kompetensi dasar matematika dibutuhkan dalam kehidupan, praktik matematika ada di sekitar kehidupan kita, matematika itu tidak sulit dan cukup menyenangkan. 
    2. Bersifat  asih, asah dan asuh, maksudnya bahwa  dalam pendampingan mengikuti asas, dan profesionalisme  yang fleksibel dengan memperhatikan kearifan lokal yang bijak. Kader Gerakan AJarMat dilatih dan dibekali sesuai dengan pendekatan pendampingan yang asih (humanis, penuh kasih sayang), asah (menguatkan, menajamkan dan mencerahkan pemahaman substansi kematematikaan), serta asuh (menggunakan pendekatan paedagogi maupun andragogi).  
    3. Berbasis bottom up , maksudnya kegiatan AJarMat menjangkau dan berangkat dari kebutuhan dari lapisan bawah masyarakat. Kebutuhan untuk melek atau paham dengan literasi dasar matematika yang dapat membantu dan meningkatkan kualitas hidup mereka.    
    4. Keadilan, bahwa Gerakan AJarMat dimaksudkan  untuk memberikan pemerataan akses  pendidikan. Semua anak atau siswa bisa belajar matematika dengan gaya dan kecepatan belajar masing-masing,  yang perlu difasilitasi baik di jalur in-formal-maupun non-formal .
    5. Gotong royong, pelaksanaan Gerakan AJarMat  merupakan kerjasama dalam kebersamaan antara jalur formal, non-formal, dan in-fromal akan meringankan Gerakan ini untuk berat sama dipikul dan ringan sama dijnjing