Home » Gambaran Umum » Optimalisasi Pemberdayaan Guru Matematika

Recent Comments

    Statictics

    Optimalisasi Pemberdayaan Guru Matematika

    Gerakan AJarMat ini digulirkan seiring dengan kebijakan pemerintah terkini terkait Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT), serta STEM, maka alumni yang akan kita berdayakan untuk Gerakan AJarMat utamanya adalah para peserta Training of Trainers (ToT) KBTT bulan November 2018 yang telah dilatih PPPPT Matematika berjumlah 238 orang. Jumlah ini mewakili jenjang SD, SMP, dan SMA masing-masing 2 (dua) orang per-provinsi, dan 1 (satu) orang per-provinsi untuk mewakili jenjang SMK. Namun demikian guna rintisan gerakan ini, yang diambil adalah jenjang SD dan khusus untuk provinsi DIY dahulu untuk proyek skala terbatas. Selanjutnya, akan dikaji dan dievaluasi untuk pengembangan pada implementasi pada jenjang dan skala yang lebih luas., tidak hanya pada hasil pelatihan tetapi juga kegiatan-kegiatan seperti Workshop, Seminar, ONIP, dan ebagainya sehingga jangkauan dari Gerakan AJarMat bisa lebih luas, bahkan bisa menjadi Gerakan Nasional.  

    Dari paparan di atas, maka kondisi sebelum ada  Gerakan AJarMat dengan sudah dengan Gerakan AJarMat, gambaran diseminasi dalam pemberdayaan alumni tergambarkan dalam pada Tabel 2.1 berikut ini:

    Tabel 2. 1: Kondisi saat ini dan kondisi yang diharapakan melalui Gerakan AJarMat

    No. Aspek/komponen Kondisi saat ini Kondisi yang diharapkan
    1. Sasaran Diseminasi Hasil Diklat/kegiatan   Jalur formal (Kolega sekolah, dan komunitas/KKG,MGMP) Jalur formal, dan non-formal (PAUD-Dikmas), serta  informal (orang tua/keluarga)
    2. Mekanisme Diseminasi Hasil Diklat Rencana Tindak Lanjut (RTL)  RTL, dan Juknis Gerakan AJarMat
    3. Fasilitasi Diseminasi Hasil Diklat  Bahan/materi Diklat Bahan/materi Diklat, Buku Saku dan Leflet Gerakan AJarMat 
    4. Layan konsultasi pembelajaran pasca Diklat SMS, e-mail, WA Klinik Layanan Pembelajaran Matematika (KPM) on-line maupun off-line
    5. Lokasi/tempat diseminasi hasil Diklat Sekolah atau MGMP Sekolah, MGMP, serta tempat forum orang tua/wali murid,  Rapat RT, atau keluarga, jam belajar masyarakat (JBM)